Minggu, 13 Oktober 2013

Workshop KREASI

Assalamualaikum :)
Sob, aku mau cerita soal kegiatan hari ini dikampus, hehe. Pokoknya seru dan panitianya gokil abis. Sudah dua hari ini di kampus ada workshop KREASI( Kreatifitas Karya Komunikasi) untuk pelatihan festival film dokumenter yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. Agak ngeselin juga karena yang datang sedikit, habisnya udah banyak yang pulang kampung karena udah liburan Idul Adha. Ya udah deh, selamat Idul Adha bagi teman-teman yang telah berada di kampung.

Selama workshop mulai dari teknik kameramen, editing dan script diajarkan diworkshop. Yang aku ikutin hanya kameramen dan script. Banyak ilmu yang aku dapat dan semakin membuatku semangat setelah mengikuti workshop ini.

Sumpah tadi itu aku merasa eksis banget, soalnya ada beberapa kali maju kedepan gitu , haha.Apalagi pas di suruh nyanyi ke depan bareng Kak Dadang kalau gak salah namanya. Jelas aku gak pandai nyanyi dan udah melas-melas gak mu maju ke depan, tapi akhirnya maju juga kedepan. Sumpah malu kali, udah suara jelek, gak kedengaran, duuhh, parah lah pokoknya. Tapi suara Kak Dadang mah, keren abis, kayak penyanyi profesional, meleleh dengarnya.hihi.

Terus Sob, aku juga maju kedepan bacain salah satu pantun aku untuk KREASI yang disuruh buat sama kakak panitia, ini dia....

Kami belajar dari hati
Untuk dapat ilmu sejati
Kami bangga ikut KREASI
Untuk mengasah kemampuan diri

Gimana Sob, bagus gak pantun aku? Yaaa, walaupun tadi gak dapat award sebagai pantun yang disukai peserta,tapi aku tetap senang kok karena maju ke depan terus  dapat ini nihh...

Stiker... aku dapat banyak stiker yang keren-keren abis about KREASI
dan Komunikasi. Bisa nih untuk nempel-nempel...
Ada yang mau?? hehe

Next Sob, terus ada materi yang dibawakan langsung oleh Pak Sodiq yang ahli dibidangnya. Oh iya aku mau cerita sedikit boleh ya? Pak Sodiq ini alumni UIN SUSKA juga dan udah jadi orang yang berhasil dan melahirkan banyak karya-karya yang sering juara di bidang perfilman. Pak Sodiq katanya juga ngajar di UIN SUSKA dibidang broadcasting. Keren, bangga deh bisa punya alumni kayak kang Sodiq, walaupun awal pertemuan ketika lihat Pakk Sodiq aku lihat mirip Ki Joko Bodo... wkwkwkk.... Pak Sodiq *peace, just kidding. heheehe


Yang paling mengena dihati ketika belajar mengenai script sama Pak Sodiq adalah ketika Pak Sodiq menyuruh semua peserta untuk membuat suatu ide cerita dikertas kecil yang telah dipotong-potong. Soalnya yang paling penting dalam membuat script itu adalah ide, ide yang unik, menarik dan langka.

Setelah diberi potongan-potongan kecil kertas, para peserta diminta sama Pak Sodiq untuk membuat ide cerita dikertas yang telah dikasih. Boleh judul, cerita singkat tentang gambarannya atau yang lainnya. Ketika semua telah dikumpulkan ada beberapa ide yang mungkin menarik perhatian Pak Sodiq kemudian dibacanya.

Aaaaa... aku terkejut, ternyata ide aku masuk diantara yang dipilih itu terus dibacakan Pak Sodiq. Aku senang baget dah pokoknya.

Terus Pak Sodiq ternyata menantang kami untuk buat sinopsis atau gambaran singkat tentang ide yang pertama kali kita buat dengan waktu 10 menit. Yaaa... aku bingung gak tau mau buat apa.Yang aku lakukan pertama kali yaitu makan, mumpung kue yang disediakan belum dimakan, hehe. Awal pertama hanya jadi satu paragraf kemudian melamun, terus pas detik-detik terakhir akan dikumpulkan baru aku buat cerita selanjutnya dengan kecepatan tangan dewa...hahahaha

Setelah dikumpul kemudian Pak Sodiq memilih tiga cerita dengan  sembarang dan tak melihat terus yang terpilih diminta untuk menceritakan ceritanya. Setelah semua cerita selesai di ceritakan tak disangka-sangka judul cerita aku disebutkan pula dan diminta untuk diceritakan. Aaaaaa....aku malu dan takut jelek, tapi Subhanallah kali cerita aku diminta untuk diceritakan dan diperdengarkan untuk semua. Berikut tulisan aku ketika bikin gambaran ceritanya Sob.
Ini dia fotonya! Gak jelas ya?

Berikut isinya:

Anak Nelayan Ingin Jadi Pilot

Berteman dengan ombak,peralatan nelayan dan seorang Ayah. Ditengah hamparan laut biru yang luas terukir sebuah impian yang mungkin akan sulit untuk diraih. "Aku ingin jadi pilot, Ayah," keluar ucapan yang seketika membuat raut wajah sang Ayah berubah menjadi sedikit memelas dan tak berkata apapun.

"Aku tak ingin hanya melihat langit. Aku ingin mengudara diantara langit dan mungkin melewati langit" kata-kata itu ia tancapkan didalam memori otaknya sebagai arah kiblat untuk mewujudkan impian.

Dari bekal restu, tangisan keluarga. Sang anak yang belasan tahun itu pergi meninggalkan kehidupan nelayan dan pergi mengembara ketempat yang akan mewujudkan cita-citanya. Tak disangka, akibat dari kepiawaian sang anak dalam bergaul ia direkrut menjadi seorang tentara amatiran berkat dari tubuhnya yang kekar, tinggi dan tanguh.

Disinilah cerita impian itu dimulai. Pengorbanan, kegusaran, ketakutan pasti akan mengiasi kehidupan sang anak yang beranjak dewasa.

Pasti Sobat pada bingung, apa hubungan pilot sama tentara? Yang aku maksudkan disini bukan pilot pada maskapai penerbangan kayak Garuda, Lion Air, dkk tapi pilot pesawat tempur yanng keren abis itu loh.hehe

Mau tahu gak Sob fakta ketika aku baca ide ceritaku ini? Walaupun gambarannya gak terlalu memuaskan aku, tapi pas disuruh baca sama Pak Sodiq aku rada deg-degan gitu terus pas menceritakannya agak sesak napas gitu hehehe dan ketika aku selesai membacanya dan mengangkat kepala aku tersentak karena semua orang yang ada pada workshop itu bertepuk tangan yang meriah. AAAaaa.... sungguh alhamdulillah dan subhanallah banget, udah lama sekali rasanya aku gak dapat tepuk tangan yang semeriah itu, aku lihat orang-orang juga banyak yang menyunggingkan senyumannya kepadaku. Makasih ya Allah udah buat aku senang hari ini. :*

Ya, itulah sedikit ide gambaran ceritaku ketika workshop bareng Pak Sodiq. Walaupun kata-kata dan intisarinya masih belepotan, acak-acakkan dan penuh coretan, yaaa itulah yang namanya belajar dan kepepet dalam menulis. Sebenarnya banyak ide yang terkembang didalam pikiran ini ketika akan menulis, ya karena waktu yang membatasi itulah hasil dari tulisanku.

Nah, itu saja yang dapat aku tulis, ikutin terus setiap postinganku, mudah-mudahan dapat diambil pelajarannya walau cuma dikit. Sekian dari saya... 

Wassalam, salam manis dari sayaa :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar