Selasa, 23 September 2014

Ini yang Tejadi ketika Kita Tidur

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hello Gaiss, gimana aktivitasmu pada hari ini? lancar gak? nyenengin gak? kalau aku jangan ditanya lagi :D *siapa juga yang tanya :p* semoga apa yang sobat lakukan hari ini adalah yang terbaik buat kedepannya daah. Aamiin ya Robb.

Tadi siang, pulang kampus bawaanya capek banget Sob. Hari panas, perut sakit, kepala pusing pokoknya gak banget *barbie gitu -,-* Yaa... nyampe rumah langsung makan karena kelaperan, siap itu langsung tepar molor gak ketulungan ampe sore. Kebangetan yaaah kalau udah tidur akunya, beeeuuuhh -.- Sekali tidur siang udah kayak hibernasi ajaa :D

Ngomongin tentang tidur, yaa tentu... tidur itu nikmat, tidur itu salah satu cara untuk ngelepasin stress, bahkan tidur bisa juga dapat pahala, contohnya ketika bulan ramadhan. Pokoknya banyak deh manfaat tidur, cuma kalau keseringan tidur juga gak baik, tukang tidur itu namanya. Ntar rezeki juga di patok ayam :D


source

Oh iyaa, udah pada tau belum, pada saat tidur malam kepala atau tengkuk kita diikat oleh syaitan dengan tiga ikatan. Sehingga menyebabkan kita itu begitu terlelap pada saat tidur sepanjang malam. Nah, bagaimana cara melepaskan ikatan tersebut??? Ada yang tau ada yang tau?? Yang belum tau yuuuk cekidot disini *eaaa*

Cara ngelepasin ntu ikatan Sob yang pertama, jika kita terbangun kemudian kita mengingat Allah maka terlepaslah satu ikatan. Kudu bangun dulu biar ikatan pertama kelepas. Kalau gak bangun yaaaa.... berarti tandanya masih terlelap :D

Kedua, jika kita bangkit kemudian mengambil air wudu maka terepaslah ikatan syaitan yang kedua. OK, jujur aku paling takut ke kamar mandi kalau terbangun tengah malam. Teringat pengen solat malam sekalian. Tapi karena takut ke kamar mandi, jadi urung buat ambil wudu. Padahal waktu itu sebenarnya aku kagak bisa tidur Sob. Akhirnya tarek selimut lagi, dan gak taunya molor kembali,haha.

Ketiga, bila kita mendirikan solat maka terlepaslah semua ikatan dari syaitan kemudian pada pagi harinya kita akan merasakan semangat dan kesegaran yang luar bisa dan menentramkan jiwa :) Yang berhasil dan sering ngelakuin solat malam aku acungin empat jempol dah. Dua jempol tangan sekalian sama jempol kaki '*eeeh -.-* pokoknya salut deh.

Apa fungsi dari ikatan itu Sobat? pastinya ikatan syaitan itu berfungsi agar seseorang menyukai tidur sambil melewati alam yang begitu panjang, sangat terlelap dan nyenyak hingga kita dapat meninggalkan banyak ibadah kepada Rabb kita.

Aku dan Sobat yang masih jarang solat malam kemudian terkadang bangun lambat juga, ini bisa jadi pertimbangan buat kita agar tidur jangan dilama-lamain. Soalnya syaitan ketawa jahat sambil terbahak-bahak *lagi ngebayangin ketawa spongebob -.-* karena dia berhasil ngejerumusin kita hingga ibadah kita terlewat dan kita jadi malas.

Kalau aku sih, berusaha aja untuk terus tetap bangun lebih pagi trus langsung solat subuh walaupun malamnya kagak kebangun untuk solat malam :D. Yaaa...pandai-pandai kita aja, gimana supaya ibadah wajib kita kagak ketinggal dulu. Nanti baru mantapin deh yang sunnah :D

Maka dari itu, ada baiknya juga sebelum tidur kita berdoa dahulu. Agar kita dilindungi oleh Allah dan para malaikatnya disaat kita tidur. Itu aja deh yang pengen aku bagiin buat Sobat. Semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk orang-orang yang selalu beruntung ngejalani hari-harinya :D Wassalam guys...

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” [HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776]

Senin, 22 September 2014

Retorika

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Apa kabar Sobat dimanapun berada?? :D Alhamdulillah... hari ini ada pelajaran berharga yang aku dapat dari kelas aku di kelas PR 3B. Gak tau kenapa aku merasa termotivasi banget dengan keahlian teman-teman aku. Membuat aku semakin terpacu untuk melakukan yang terbaik :)

Udah dua kali dosen retorika mengatakan kalau kelas kami adalah kelas terbaik dari mata kuliah yang dia ajar. Ya, pertemuan pertama dia mengatakan kelas kami yang terbaik karena sangat ikut berperan aktif selama proses perkuliahan. Alhamdulillah sempat maju pertemuan pertama,hehe. Yang kedua kalinya itu tadi, Pak Usman dosen retorika kembali mengatakan “Kelas ini masih jadi yang terbaik.” Tapi sayangnya tadi aku sama sekali gak ikut aktif berpartisipasi L tapi setidaknya ada rasa bangga lah dihati karena dikatakan kelas yang terbaik :D

Oh iyaa, sampai lupa. Udah ada yang tau belum apa itu “Retorika”?? Retorika ini adalah mata kuliah aku di kampus. Yang jurusan komunikasi pasti belajar ini. Retorika adalah seni berbicara atau bersilat lidah. Memberikan motivasi, kata-kata pembangkit semangat, kata-kata bijak, kata-kata yang menyentuh hati, itu termasuk retorika. Bagaimana cara berdialog agar memadamkan amarah seseorang, mempengaruhi, melobi, bagaimana bertutur kata supaya apa yang dikatakan itu menarik,menghibur, memukau, meriah, luar biasa, bahasa tubuh, penampilan itu semua dipelajari di retorika.

Di ilmu retorika itu kita mempelajari 40% teori, 60% praktek. Jadi kalau udah mata kuliah retorika pasti bakal praktek maju kedepan. Seru deh belajar retorika. Seru dan friendly juga. Intinya harus PD kalau ada praktek maju kedepan :D

Teman-teman yang maju tadi sungguh luar biasa banget di kelas. Pada master semua :D Bikin aku terpukau dengan cara mereka berbicara. Pada ahli semua ngomongnya, lancar kayak kereta api tanpa sundulan.

Isan memberikan kata-kata semangat nasionalismenya ada selingan canda tawa juga :D. Fandy dengan kata-katanya yang membuncah semangat, aku dengar seperti puisi. Kalau tak salah tentang Kapal bla bla gitu, seperti tentang roda pemerintahan kita yang aburadul gitu lah. Pokoknya tadi si Fandy keren abis beretorika di depan kelas. Sampai-sampai pak Usman bertepuk tangan beberapa kali. Si Irfan yang sempat stand up comedy di depan, tapi kagak ada yang ketawa *kasian :p* tapi akhirnya ketawa juga setelah disuruhnya :p. Alim yang kayak menyimpulkan apa yang diretorikakan dengan teman-teman sebelumnya dengan jelas dan wibawa juga.

Yang cewek tadi banyak yang malu-malu mau kedepan, tapi pas disuruh dan ditunjuk pak Usman pada maju langsung :D Sempat terharu juga ketika Izu beretorika di depan kelas tentang Ibu. Dila yang beretorika tentang dia yang awalnya sempat down ketika ia gak lulus di jurusan yang ia impikan kemudian dia berusaha lagi untuk bangkit dan berpikir positif. Nanda yang akhirnya maju setelah disuruh temannya *wkwkwk* Nanda beretorika di depan kelas ngasih motivasi gitu. Intinya Nanda bilang, kita itu gak cukup hanya pandai di bidang PR mesti multi-talent dan kembangin bakat yang ada.

Awalnya pengen banget maju, pengen ngasih kalimat motivasi. Keberanian ada, cuma rasa keberanian itu ...Ya...aku masih rada sulit mengeluarkan kata-kata yang pas dan enak didengar. Pengennya maju dan langsung perfect aja penampilan ntu. Takutnya kalau gak perfect rasanya pasti ada yang kurang plus rada malu. Begitulah aku :D Gagal maning gaga maning. Minggu depan kudu maju lagi. Harus!!

Dari mereka yang maju ke depan aku bercermin. Sebenarnya segala sesuatu itu untuk memulainya sangat mudah. Yang awalnya gak mau bisa jadi mau. Yang awalnya gak tau harus ngomong apa, spontan aja semuanya keluar. Yang awalnya gak PD jadi PD karena suasana yang bersahabat. Yang awalnya kaku jadi gak kaku karena pada tepuk tangan.

Bener banget loh, tepuk tangan itu kayak semacam stimulus yang menghilangkan kecanggungan kita kalau aku amati dan yang sebelumnya juga pernah aku rasakan. Jadi berilah tepuk tangan sebagai penghargaan kepada seseorang. Ya kayak pada sebuah acara, seminar, keberhasilan seseorang atau apalah.

Sekarang aku pengen berlatih lagi. Gak pengen jauh ketinggalan dari teman-team lainnya. Pokoknya kudu aktif dan semangat lagi. Gak hanya di retorika, tapi di semua aktivitas yang aku lakukan nanti :D

Semua akan terasa mudah kalau kita jalani. Semua akan terasa sulit jika tak ada tindakan. Semua akan terlihat rumit jika tak ada kemauan. Dan pastinya gak akan pernah terjadi apa-apa kalau kita hanya diam tanpa melakukan sesuatu.

Semoga bermanfaat Sobat semua. Wassalam J




NOW...September

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Apa kabar semua? Duuhh...udah lama banget rasanya gak ada posting di blog L malah udah mau akhir bulan lagi. Gak tau kenapa baru sempat mau nulis sekarang. Sebelum-sebelumnya masih banyak problem, malas lah, galau lah, capek lah, kuliah lah, asik main lah, paket modem habis lah, pokoknya banyak banget deh alasan yang bikin aku gak jadi nge-blog.

Oh iyaa, udah dua minggu lebih aku menjalani aktivitas kuliah di kampus. Kelas baru, teman baru, kosentrasi dan suasana baru, beberapa dosen baru. Pokoknya banyak hal baru di bulan September kali ini. Dan waww-nya sekarang aku dan adikku Fatimah satu fakultas dan satu jurusan sama aku. Haduuuh :D OK laaah...

Alhamdulillah aku juga udah realisasikan janji aku ke si Muthi yang request balas surat ^^ tanggal 15 September kemaren. Padahal dia ngasih ntu surat udah dua tahun yang lalu pas aku ultah yang ke-17 -_- Aku gak terpikir buat balas loh Sob, tapi ntah kenapa pas liburan semester lalu tiba-tiba dia ngasih tau pengen  nerima balasan surat dari aku :D

Penampakan suratnya :D


Ntu surat sebenarnya pengen aku buat sekreatif mungkin, tapi berhubung keluarga siang itu datang dari kampung, jadinya aku dibuat sibuk dan ngebuat surat ala kadarnya aja L Gimana muth surat aku?? maaf yaa kamunya jadi nunggu terlalu lama :D

Fuuuiiicchh... sekitar dua mingguan kuliah rasanya ada yang bedaaaaa banget, aku sedikit kurang bersemangat, kurang aja. Aaaaah... pokoknya kudu SEMANGAT!! lagian semua gak akan berubah kalau beginian terus. Hidup cuma sekali, kudu dimanfaatin semaksimal mungkin. Bangun Laila!! *tepokin pipi*

Oh iyaaa... akhir-akhir ini aku juga jarang ketemu sama Kebo, jarang ketemu Hasna atau Jura. Aaaah...kangen banget sama kalian. Untuk Kebo, maaf kalau aku terkadang ngasih janji yang ngambang seperti kata kamu. Maaf kalau aku sering ngebatalin planing kita, sering gak mau ini itu dan buat kecewa. Percayalah, kalau yang aku lakuin sebagian kan emang buat kebaikan kita juga. Sayang kebo daaah {}

Aku, Hasna dan Jura


Yang aku Sob, setiap mereka yang aku sayangi, mereka yang aku cintai adalah bagian terpenting didalam hidup aku. Jika mereka gak ada disisi, maka akan terasa sakit bila tak bersamanya. Bener gak?? Sakitnya tuh disini *nunjuk ulu hati :p*

Udah tiga hari Pekanbaru mendung terus. Beberapa waktu lalu sempat hujan seharian dari subuh hingga sore setelah beberapa hari diselimuti kembali oleh kabut asap. Senang rasanya dalam sekejap kotaku kembali segar udaranya. Harum dedaunan dan rerumputan terasa menyejukkan J makasih ya Robb. Negeri kabut asap pun hilang kembali deh :D

Oh iyaa, aku rada belum bisa menyesuaikan diri di kelas aku yang baru sekarang. Termasuk mencari kawan yang “kloop”. Ntah lah, mereka lebih condong akrab kepada teman mereka yang selokal dulu. Laaah aku gak terlalu akrab dengan teman selokal aku dulu yang ternyata kembali menjadi teman sekelas di lokal baru. Taulaaah kan, aku care banget dulunya cuma sama Hasna, Jura. Selebihnya hanya kawan say “Hai” kawan kalau diskusi or ngumpul-ngumpul biasa. Kawan akrab aku sama sekali gak sekelas lagi sama aku. Hiks hikss. Banyak yang masih rada sombong dan cuek gitu. Ntah emang aslinya anak PR kepribadiannya kayak gitu atau apa aku juga gak tau atau malah aku yang cuek. Ntahlaaah :D

Kadang sempat terpikir di kepala aku, aku gak salah ambil jurusan kan?? Kok anak PR aneh begini semua?? :D Yaaa, sempat terlintas di kepala aku pikiran bodoh begitu. Tapi pikiran itu kembali aku hapus. Karena apa? Aku sudah memilih dan inilah yang harus aku jalani. Apapun caranya aku harus bisa bertanggung jawab terhadap pilihan itu. Jangan suudzon juga terhadap orang lain. *catet*

OK don’t judge the people by the cover. Right?? Semua butuh proses, proses saling mengenal, kekompakan, keingintahuan, kedekatan dan sebagainya yaa itu, butuh proses, gak bisa langsung “tap” bisa saling akrab J. Semoga kita semua bisa bersahabat ya kelas PR 3B. Aku tunggu kebersamaan kita.

Wassalam.