Selasa, 13 Februari 2018

My Graduation


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Di Rektorat UIN Suska Riau


Haii... welcome back to my blog!! Masih edisi seputaran hari kelulusan kemaren, kali ini mau share acara wisudaan di kampus sekitaran dua bulanan yang lalu. Tepatnya tanggal 25 November 2017 berlokasi di PKM UIN Suska. Lama bener yaak baru mau diposting, yaa mau gimana lagi kan... walaupun kelamaan, yang penting posting terus :D

Cerita aku setelah sidang dan yudisium bisa dibaca disini, Hari Kelulusanku dan Yudicium Day ya sebelumnya, biar lebih greget. Hihi. Bagi yang belum membaca, aku udah post beberapa cerita dan galeri foto kenangan disana. Semoga kenangan tersebut bisa dibaca sampai ke anak cucu :p

Berikut galeri foto acara wisuda beberapa waktu lalu, scroll kebawah terus ya....


Ini dia penampakan undangan wisudanya


Bersama Papa dan Ibu


Bersama Adik-adikku
Minus Rara yang gak mau difoto karena sibuk nangis-nangis :D


Bersama Nenek tercinta


Besama adikku Fatimah


Bersama adikku Taufiq


Bersama adikku Tamyiz




Bersama semua yang tercinta


Itu dia beberapa foto wisuda bersama anggota keluarga. Alhamdulillah seneng banget bisa lulus tepat waktu, walaupun harus nunggu jadwal wisuda yang lumayan lama banget. Lulus bulan juli, wisudanya bulan November :D aku bersyukur lulus dengan IPK yang menurut aku aman, 3,67 dengan prediket sangat memuaskan. Setidaknya gak ngasih prestasi akademik yang bobrok-bobrok amat :D tinggal nentuin next target mau ngapain kan... kerja, lanjut studi or marriage (kayak merid belom deh...belom ada calon :D) skip skip...haha.


I'm 

Pastinya cewek gak lepas yaa dari yang namanya polesan diwajah. Berhubung soal make-up aku juga masih tabu dan gak terlalu paham. Seperti difoto itulah make-up yang aku pakai diatas. Aku udah gak peduli lagi saat itu. Mau hasilnya bagus, ketebelan atau apa gak peduli. Walaupun sebenarnya saat itu aku bener-bener gak pede sumpah!! Bodohnya aku hanya percaya kata-kata Ibuku yang bilang aku cantik. Daah itu aja :'D Aku gak peduli lagi mau orang bilang ketebelan atau keputihan bedaknya atau apa....wkwkwkwk. Yang penting wisudanya, bukan make-upnya....Haha.

Padahal pas diacara wisuda gak muluk-muluk yaa, beberapa teman pada bilang aku lebih terlihat pangling :D ntahlah itu pujian atau sindiran. Wallahualam. 

Sejujurnya, sejak acara yudisium kemaren, aku sempat syok denger temen-temen yang merogoh kocek cukup mahal untuk sebuah polesan make-up. Ya.... aku menghargai profesi seni yang gak semua orang pandai melakukannya. Kreativitas memang pantas untuk dihargai mahal karena gak semua orang paham dan bisa. Rata-rata temen aku pada memakai jasa MUA ( Make Up Artis ) yang harganya diatas 250.000, 300.000 bahkan sampai 500.000 per orang untuk sekali make-up

Aku mah cuma modal minta make-upin sama tetangga yang hanya merogoh kocek lima puluh rebu saja :D yaaa... walaupun hasilnya gak se matte sama MUA, overall yang penting pakek make-up kek orang-orang. Haha.


Bersama Papa ketika menuju kampus


Bersama Ibu, Rara, Mamat, Nenek dan Papa


Persiapan menuju wisuda apalagi khususnya cewek jangan ditanya lagi, memang sangat – sangatlah rempong abiss. Aku akui. Setiap orang memang ingin sesuatu yang spesial dihari kelulusannya dan mungkin bakal terjadi seumur hidup. Mulai dari memikirkan baju apa yang akan dikenakan, model baju seperti apa, upah jahit baju, sepatu, jilbab, aksesoris, make-up, dan sebagainya. Memang hanya hal biasa untuk kaum perempuan, tapi itu semua menguras tenaga, waktu dan pastinya juga hepeng :D

Thanks God semua berjalan lancar dan makasih telah memberikan aku Ibu super sekali, yang selalu pengertian, bantu aku, jadi stylish aku dan keluarga. Memperhatikan segala kebutuhan aku dan tau mana yang terbaik buat aku hingga saat ini:”) I'm nothing without you Mom...

Sebenarnya sempat dilema didetik-detik dekat acara wisuda, bakal ada satu anggota keluarga aku yang gak bakal datang awalnya yaitu, Fatimah adikku. Yap... dia magang selama dua bulan di MNC Group tepatnya di IDX Channel dan INews TV yang dimulai dari awal bulan Oktober hingga akhir November 2017.

Singkat cerita, yang awalnya aku pasrah dia gak bakal datang, padahal baju seragam udah lama dibuat, membuat aku berpikir ulang. Aku akhirnya menyuruh Fatimah pulang lebih cepat seminggu dari jadwal terakhir dia magang. Alhamdulillah Fatimah mau pulang dan diizinkan oleh pembina di Jakarta untuk pulang lebih awal. Ohhhh... so sweet si Fatimeh penuhin hajat Kakaknya. Haha.

By the way.... Fatimah bakal pulang H-1 aku wisuda. Tapi ternyata eeh ternyata tepat pada hari itu dia ketinggalan pesawat akibat macet yang luar biasa. Mau gak mau akhirnya Fatimah harus bermalam di rumah saudara aku yang kebetulan dekat dengan bandara. Subuhnya, yaitu tepat di hari Sabtu aku wisuda, si Fatimah baru bisa take off  menuju Pekanbaru.

Berhubung gak ada yang bisa jemput, aku minta tolong sepupu aku si Sarah untuk jemput Fatimah di Bandara SSK pada jam 8 pagi. Alhamdulillah si Sarahnya gak ada halangan. Dan kami pun semua bisa berkumpul lengkap diacara wisuda :D Senengnya.


Suasana Wisuda bersama teman-teman
yang ada di muka, depan, kiri dan kanan


Bersama Hasna teman seperjuanganku sejak di semester 1 
Yang selalu mengaku dirinya ganteng padahal dia cewe :D


Bersama Muthi, Sohib paling badai sejak jaman MAN dan kuliah


Sohib seperkoncoanku yang paling kece

Bersama sepupu ku Sarah dan Rani


Bersama sepupuku Rani, Sarah, Aku, Emjhie, dan Fatimah


Bude dan Ibuku


Cuma pas acara wisudaan kemaren aku sempat badmood sama Papa. Abisnya buru-buru kali nyuruh kami cepat pulang. Padahal aku mau jumpa kawan-kawan dulu, foto-foto dan mau foto studio :’) Tapi ternyata Papa malah suruh aku cepat-cepat ntah apa-apa. Huhu. Jadinya gak ketemu sama beberapa teman...untung temen pengertian dan susul ke rumah. Jadi segan kan Paaaa...huhu

Karena tergesa-gesa dan aku bilang sama Papa jangan pulang dulu karena mau foto studio. Eh, Papa malah langsung nolak gak mau foto studio, alasan karena gak mau bolak balik dan jauh, capek, ada urusan ini itu. Dan taraaa.. si Papa malah tiba-tiba manggil kami semua ke tempat photo booth  yang berjejer disekitaran Rektorat. Akhirnya dengan terpaksa, dengan muka yang judes dan mau gak mau akhirnya nurutin apa maunya Papa. Syeeddihhnyaaaa.... Uwaaaaahaaa uwaaa... Huffttt...maafkan anakmu yang ngeluarin muka judes kemaren Paaaaa.... huhuhuhuhu. Padahal Papa, Ibu, Rara, dan Nenek kecapean yaa apalagi kondisi panas terik. Akunya yang kurang pengertian karena terlalu ngikutin kehendak :'(

Padahal dah rencana mau foto yang cakep, di studio ala-ala biar bagooss dan ciamik. Si Papa malah bilang gini, “ Di studio foto ngapain? orang dimana-mana foto tu yang terlihat momennya, studio mana nampak momennya.” Handeeehh... Papa Papa. Gagal rencana :’)

Oke fix lupain, haha. Aku juga mau bilang terima kasih buat sodara, sohib dan teman-teman yang telah bersedia hadir dan menambah kesan kebahagiaan di hari kelulusan aku... thanks so much.


Bersama anak kelas PR B 14


Bersama konco jaman MAN dulu
Inop dan Inas


Bersama Teman KKN Kota Dumai, Kcamatan Dumai Barat, Kelurahan Purnama


 Nah... ini dia sohib seperkoncoan pejuang skripsi
pembimbing sama, berjuang bersama, wisuda bersama :*


Kedatangan perwakilan dari tempat magang dulu di P3E Sumatera KLHK




 Masih dengan anggota geng gelas PR B 14


 Bersama mereka #edisisayangkalaugakdipajang :D

Pokoknya... semua yang telah tercapai sekarang bukanlah murni dari hasil usahaku sendiri. Ada Allah yang selalu memberikan aku kemudahan, ada orang tua dan keluarga yang selalu memberikan pengertian, support dan materi tiada tara selama aku mengenyam bangku perkuliahan, ada sahabat dan teman-teman yang selalu bersedia berbagi cerita, kisah, senang dan duka selama menuntut ilmu. Tanpa mereka aku nothing that all.

Terima kasih untuk semua kebahagiaan yang kalian beri. Bila tiba waktunya semoga kita bisa bertemu kembali dengan kesuksesan yang kita cita-citakan dahulu. Jangan pernah menyerah, buat temen-temen yang masih berjuang tetaplah percaya pada impian. Jangan patah semangat! Hufftt khususnya aku yang masih banyak labil dan masih banyak butuh belajar lagi menjadi insan yang makin baik lagi kedepannya, Aamiin.



Berfoto bersama Pak Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi


Bersama Bapak Wakil Rektor UIN Suska Riau


 Edisi narsis




Bunga dan salempang dari teman-teman ketika selesai sidang dulu


Hadiah dan buah tangan dari teman-teman yang datang ketika wisuda
makasii semuaa :*


Mungkin itu saja yang aku share hari ini. Semoga bisa memberikan semangat baru bagi yang membaca. Sekali lagi aku ucapkan terima kasih buat semua. Aku percaya, mereka yang baik pasti akan menerima ganjaran yang baik pula. Terus saling mendoakan kebaikan bersama ya manteman. Jangan sombong ketika sudah berada di puncak. Jangan lupa dengan jasa-jasa mereka terhadap tumbuh dan berkembangnya kita. 

Aku berharap kita semua dapat kehidupan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dapat membahagiakan keluarga, dapat meraih impian dan cita-cita setinggi mungkin. Dan satu lagi, jangan pernah lupakan Tuhan yang telah menciptakan kita, ingatlah Dia selalu didalam langkah kita. Semoga Allah meridhoi dan memberi berkah yang berlimpah untuk kita semua. Wassalam

Minggu, 07 Januari 2018

Yudicium Day

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


 Foto bersama dengan para dekanat dan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi


Yaaiiy...welcome 2018!!! Semoga ditahun ini kita semua semakin jauh lebih baik, makin dimantapkan ibadahnya, yang masih berjuang dengan skripsi semoga tahun ini lulus, yang lagi cari kerja dapat kerja, yang pacaran segera dihalalkan dan yang sedang sibuk memperbaiki diri semoga dilancarkan segala urusannya, cepet dijemput jodoh biar jomblo fisabilillahnya gak kelamaan...hihi...pokoknya semoga semua harapan dan cita-cita kita yang belum tercapai ditahun sebelumnya dapat terwujud ditahun ini! Aaamiin aamiin ya robbal alamin.

Postingan diawal tahun 2018 kali ini aku awali dengan cerita latepost ya :D sebelumnya hanya jadi draft dan belum sempat dipublis karena ee karena  yaa begitulah. Hihi. Mumpung tahun baru, tentunya harus semangat baru ya. Harus lebih berenergi, lebih harus banyak belajar dan pastinya harus banyak-banyak melakukan hal-hal positif. Hufftt... umur ntar lagi bakal 23 tahun cooy. Bukan umur yang remaja lagi :”)

Ceritanya menyambung dari kisah sebelumnya... silahkan baca dengan klik disini. Jadi setelah sidang dibulan Juli dan menyelesaikan segala administrasi untuk wisuda, tepatnya setelah beberapa bulan menunggu, akhirnya pelaksaan acara Yudisium Fakultas Dakwah dan Komunikasi ke-43 dilaksanakan pada tanggal 22 November 2017 bertempat di The Premiere Hotel Pekanbaru. Cukup lama kan nunggu dari bulan Juli ke bulan November :") ??? But over all...yang pentingkan yudisium juga bersama teman-teman.

Berikut beberapa foto kenangan ketika acara yudisium berlangsung.



Bersama Ibu


 Bersama Ibu dan Rara Adikku


Bersama Taufiq Adikku


Bersama Hasna, Konco Karibku


Bersama Konco Seperjuanganku
Afri, Nadia dan Anika


Geng Sebelah :D
Siska dan Fani


Terima kasih buat sahabat dan teman-teman yang bersedia meluangkan waktu berharga kalian untuk hadir dihari bahagia aku dan teman-teman yang melaksanakan yudisium. Aku gak bisa sebutkan satu persatu nama-nama yang hadir, tapi kehadiran kalian membawa warna tersendiri dalam history perjalanan hidup aku. Terima kasih yang telah memberi doa dan selamat, terima kasih juga yang belum sempat untuk hadir karena kesibukan yang tak bisa ditunda, niat baik dan doa setulus hati sudah cukup menggembirakan hati kok, hehe.

Senang akhirnya masa-masa penuh perjuangan telah terlewati, walaupun kita tau ini masih awal dan belum berakhir. Jangan ada rasa cepat puas diri yaa diantara kita, teruslah kita semangat dalam mencapai cita. Kalian teman-teman terhebat yang aku punya, yang aku harap bukan hanya sebagai teman disaat senang, namun dapat menjadi tempat untuk terus belajar dan memperbaiki diri bersama dan ada disaat-saat tersulit. Semoga ukhuwah kita sampai Jannah-Nya ya... aamiin ya robb.


 Bersama teman-teman kelas yang yudisium
dan teman-teman sekelas yang berkesempatan hadir




Oh iya, ngomong-ngomong aku mau bilang sejujurnya, hal yang paling membuat repot kalau ada acara adalah make up. Haha.... aku gak pede kalo soal pakai make up yang tebel, apalagi kalau nih muka diputih-putihin -,- kayak pakai masker bedak beras aja gitu rasanya :D maklum, gak pandai pakai make up jadinya pakai jasa make up. Hihi.  Tapi karena yang cewek-cewek semua pada pakai make up, alhasil ya mau gak mau pakai make up lah. Kalau lain sendiri kan kagak enak juga yaa, lagian belajar membiasakan diri dengan riasan make up kayaknya emang terkesan penting...biar terbiasa dan terlihat berbeda daripada hari-hari biasa. 

Tapi, semua jadi terlihat cantik kok dengan riasan make up, keluar aura dewasa nya. Jadi pangling dan bikin waaw. Agak gimana gitu pas lihat wajah polos berganti dengan balutan make up.

Yang aku syukuri, alhamdulillah kelas kita termasuk yang progresnya cepet banget lulusnya. Motivasi satu sama lain kuat dan saling support. Seneng bisa berada diantara kalian. Yudisium dan wisuda kali ini pun jadi terasa rame dan meriah karena 10 orang diantara anak kelas dapat giliran yudisium dan wisuda bersamaan.


Berpose ganteng :P


Bersama Ledies PR B


Konco Seperskripsian


Bersama konco lagi


Foto Yudisium yang diberi oleh pihak Fakultas :D


Yapp... itulah cerita dihari ini. Tiada kesan yang tak sampai, tiada kenang yang terlupa. Semua tersimpan didalam memori, menjadi sepenggal cerita tak terlupa yang kelak bisa diceritakan pada anak cucu. Setiap kisah ada hikmah begitu pun setiap perjuangan ada pembelajaran. Ujian dihadapi dan diselesaikan hingga kemenangan dapat diraih. 

Ambil yang baik, buang yang buruk. Aku bukan makhluk sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah. Semoga diri ini bak padi, semakin berisi maka semakin merunduk. Ilmu dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga. Makin taat pada yang Kuasa dan dapat terus berbakti kepada kedua orang tua. Bila ada kesombongan yang terselip mohon diingatkan, bila ada sikap yang salah jangan salahkan siapa-siapa. Hanya diri ini yang kurang baik hingga butuh untuk dinasehati dan dibimbing. Bukan dicemooh atau dijatuhkan. Bukan dijauhi dan dikhianati. 

SEMANGAT untuk kita!! Wassalam.




Senin, 23 Oktober 2017

Hari Kelulusanku


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh



Alhamdulillah... setelah rehat dari penulisan skripsi, kini aku sempatkan menulis blog kembali. Mungkin ini adalah salah satu momen sekali seumur hidup yang harus aku abadikan. Ya... aku sedikit ingin mengabadikan momen tersebut di blog ini, untung-untung sekalian melatih kembali jari-jemari yang udah kaku setelah berskripsi ria.

Yap... selang beberapa bulan yang lalu, aku sedikit disibukkan dengan tugas akhir kuliah (skripsi). Udah jarang lagi yang namanya nge-blog. Efek udah jenuh kali yaa dengan melihat laptop siang-malam. Hehe

Jujur, dalam proses pengerjaan skripsi bukanlah suatu hal yang mudah tapi tidak pula terlalu sulit. Pastinya sesuatu yang dilalui akan ada mudah dan juga susahnya, tergantung cara dan usaha kita mewujudkannya. Right!! Banyak hal yang aku dapat diakhir-akhir perkuliahan ini, salah satunya ilmu sabar dan ilmu berusaha. Caiyooooo.... !!! Salah satunya sabar ngadepin dosen dengan segala karakternya #eaak :D Yang anak semester akhir angkat tangan!!

Umpama ditanya motivasi terbesar hingga bisa kelarin skripsi, pastinya adalah karena orang tua.  Perkuliahan yang aku jalani ini adalah tanggung jawab terbesar yang orang tua percayakan kepadaku untuk dijalani dan diselesaikan. Tujuannya  tak lain agar kelak aku tumbuh menjadi insan yang berilmu,  bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, agama, nusa dan bangsa. Tentunya tanggung jawab itu harus aku tunaikan dan aku selesaikan secepat mungkin. Alhamdulillah tepatnya pada tanggal 20 Juli 2017 lalu  atas ridho Allah dan kedua orang tuaku, aku dapat menyelesaikan S-1 Ilmu Komunikasi tepat diakhir semester 8 ( 4 Tahun). Mungkin antara rasa percaya dan gak percaya setelah step by step yang aku jalani dan taraaaaaaaa.... akhirnya membuahkan hasil, padahal rasa lelah dan putus asa sempat memuncak diubun-ubun...rasa-rasa gak sanggup :’)) tapi pada akhirnya janji Allah nyata, bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan aku kelancaran, kekuatan dan semua nikmat yang tak dapat aku sebutkan hingga aku bisa menyelesaikan studi ini.

Terima kasih pula buat keluargaku tercinta... Papa dan Ibu yang selalu nyinyir nanyain dari mulai kapan ngajuin judul hingga kapan wisudanya??? T.T but without you, i’m nothing at all. Buat adik-adikku juga, biar pun kakak masih belum jadi yang terbaik, percayalah kakak selalu berusaha menjadi yang terbaik agar Ibu Papa bangga dan tentunya kakak akan selalu berusaha menjadi tauladan untuk adik-adik dirumah.

Kepada dosen-dosen yang tiada lelah memberikan ilmunya, waktu, membimbing dan menunjuk ajar mahasiswanya yang nakal-nakal dan alfa ini. Semoga ilmu yang kalian beri menjadi pemberat amal baik di yaumil akhir kelak... aamiin ya robb.

Kepada kakak-abang, sahabat, teman-teman dan konco-konco seperjuangan lainnya, terima kasih telah menjadi penyemangat, memotivasi, mendoakan, dan tim HORE-HORE baik dikala suka-duka selama dibangku perkuliahan. Sepupuku Emjhie, Sintia, Mila, Nurdin, Inop, Apit, Indah, Muthi, Hasna, Nadia, Anika, Afri, Bg Feb, Feni, Kk Rani, Bg Dani, teman-teman PR B 2014, teman-teman KKN Dumai Purnama dan kalian semua yang pernah mengisi hari-hari, doain, baik dan bantuin aku. Tanpa kalian yakinlah, suasana masa-masa perkuliahan gak akan sebewarna dan semenyenangkan ini :))

Bersama Sohib Seperjuangan 
Anika, Aku, Afri dan Nadia







Bersama Endang... Anak paling bikin heboh di kelas :p

Bersama Aldi, Geng Sebelah ...Sohibnya Anika dan konco si Hasna :D

Anak Kelas PR B'14
Ayu, Juntak, Irvan, Hafiz, Firman, Rio, Izu
Puput, Afri, Hafri, Anika, Nadia, Endang, Yopi, dan Aldi





Dan khususnya aku mau bilang BIG THANKS!!! Untuk Hasnaturrahmadani (a.k.a Hasna). Dialah makhluk yang selalu mengatakan dirinya ganteng, padahal dia cewek -,- haha. Makasih udah nemenin bimbingan ampe malam-malam di kampus.  Makasih karena dah jadi teman makan setia. Teman mesjid hunter, teman ngeledek, teman tinju :D Makasih karena dah rela jadi asisten penelitian dan terjun ke masyarakat bareng aku (padahal aku tau kalo ko sebenarnya ogah capek-capek, haha). Makasih udah temanin aku kemana-mana, panas-panas, ujan-ujanan, dan pulang malam selama penelitian karena aku :”) tanpa ko mungkin aku bakal jalan sendirian, keribetan, dll :D Ntahlah... klo ko gak bantuin aku mungkin pupus sudah aku tamat kuliah pas 4 tahun :D Padahal ko waktu itu juga lagi banyak pikiran karena proposal ko yang masih stuck. Doaku setulus hati, semoga ko cepet lulus di tahun ini dan terbang ke Jepang sesuai mimpi ko :P


Haii Hansa :D









Dan hari itu, dengan pakai khusus bewarna serba hitam khas, aku bersama rombongan peserta munaqasah dinyatakan lulus ujian dan sah menyandang gelar sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Ketika itu peserta ujian terdiri dari empat orang. Dengan 3 orang cewek angkatan kami, dan seorang abang senior. Alhamdulillah hari itu menjadi hari yang paling membahagiakan buat aku khususnya, walaupun aku sadar bahwa ini bukanlah akhir...namun adalah awal untuk menuju dunia yang sesungguhnya. Bismillah...

 Bersama Vivi, teman sekelas.


 Bersama Vivi dan Ama

Sedikit cerita... Rahma yang akrab disapa Ama ini salah satu temen seperjuangan aku dimasa-masa bimbingan Skripsi. Kenal udah lama, karena dia anak Gagasan dan temen akrab si Muthik juga. Bahkan bimbingan sampe magrib pun kami lakoni demi demi nungguin dosen pembimbing, bareng Hasna juga, janjian bimbingan bareng dan teman cerita-cerita. Sama-sama ACC dan ternyata samaan juga dapat jadwal sidang. Padahal gak janjian :D Kalo diingat-ingat lagi masa-masa sulit kita, mungkin rasanya pengen nangis ya Ma... Apalagi kita bimbingannya sore ampe maghrib nunggu giliran, kadang udah lama nunggu disuruh besok karena udah malam, bahkan pernah terkurung hujan badai di kampus sampe gak pulang hingga jam delapan malam :')

Huffttt.. kalo diceritain mungkin kagak ada habis-habisnya kali yaa... memang perjuangan ini gak berdarah-darah, tapi banyak menguras waktu, biaya, tenaga, pikiran, bahkan air mata kelelahan :p Yap...setiap yang ingin dicapai tidak selalu berjalan dengan mulus, pasti akan ada kerikil-kerikil tajamnya. 

Walaupun begitu, aku senang karena telah selesai terhadap tanggung jawab ini.












Mungkin itu saja yang ingin aku ceritakan pada blog ini dan para pembaca. Semoga kita tetap sungguh-sungguh dan konsisten terhadap apa yang ingin kita raih. Tetaplah semangat!! Yakinlah bahwa sesuatu akan tercapai selama masih ada rasa percaya bahwa itu akan terwujud. Tidak perlu menjadi yang paling hebat dianatara orang-orang hebat. Cukup yakin dan lakukan sesuatu yang terbaik menurut kita. Semoga akupun juga begitu, tetap semangat!! meskipun masih ada bayang-bayang yang membuat aku takut dan bingung.... Wassalam.