Monday 16 April 2018

My Acne Story and Daily Skincare Routine


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Skincare


Hallo... dikesempatan kali ini aku pengen share hal yang baru. Jujur belum pernah rasanya posting about beauty apalagi tentang  skincare dan produk-produk wanita seperti make-up dan sebagainya. Mengingat aku juga bukan ahlinya dibidang kecantikan kayak gini :D Tapi karena ada beberapa teman yang bilang wajah aku udah gak jerawatan lagi dan mereka juga sempat bertanya-tanya pakai produk apa sih? beli dimana? dan bla bla bla. Dari dasar itulah aku baru terinspirasi untuk menulis ini, sebenarnya bukan rahasia kok, ditambah lagi setiap cewek pasti ingin terlihat cantik.

Apa itu Skincare?

Skincare itu adalah perawatan untuk kesehatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu. Mengingat semakin bertambahnya usia, mulai dari memasuki masa pubertas hingga dewasa, banyak sekali masalah yang dihadapi oleh cewek maupun cowok perihal 'kulit' khususnya aku. Mulai dari permasalahan kulit wajah, badan, rambut dan berbagai hal lainnya. 

Tentunya kita membutuhkan kiat-kiat khusus agar kulit tetap terlihat sehat, segar dan bersih setiap saat. Apalagi kulit wajah adalah salah satu penunjang penampilan pertama yang pastinya nomor satu untuk selalu diperhatikan. Ya gak?? Hehe. Dan hadirlah skincare untuk memberikan nutrisi bagi kulit agar lebih terawat dan sehat.

Yang paling rentan dan bikin gak percaya diri itu adalah kulit wajah. Mulai dari ditumbuhi jerawat, komedo, wajah kusam, gosong terkena sengatan matahari, kulit oily, dry skin dan segala macam permasalahan kulit wajah lainnya. 

Untuk mengatasi segala permasalahan itu maka tidak heran banyak sekali produk-produk pembersih atau skincare tersebut yang dijual dipasaran. Tentunya ketika memilih produk kita harus cermat dan teliti dalam memilih. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit, harga dan pastinya non produk-produk yang mengandung bahan-bahan membahayakan seperti merkuri, hydrokuinon dan zat-zat lainnya. Jangan terpedaya dengan harga yang murah, instan, tidak tertera masa kadaluarsa, BPOM dan halal.

My Acne Story...

Pengalaman aku pribadi, produk skincare sudah aku kenal sejak aku SMP. Aku masih ingat dulu  itu pakai facial wash-nya Biore yang dibelikan oleh Ibu di supermaket agar wajah bisa lebih segar gitu. Sebelumnya mah cuma pakai sabun mandi lifeboy. Ditambah lagi dulu aku masih aktif-aktif di sekolah, berada diluar ruangan, kulit yang terkena debu dan tersengat matahari. Itu semua udah gak asing lagi buat aku dan udah kayak jadi makanan sehari-hari. Haha. Tapi yang namanya belum sadar sama perawatan ya hanya memakai produk yang dibelikan oleh Ibu saja. 

Memakai satu produk saja ternyata tidak cukup bagi aku, hingga ketika kelas 3 SMP aku dilanda jerawat yang menurut aku cukup parah hampir memenuhi seluruh wajah aku, komedo dan oily banget. Disitu aku sempat stres dan nyobain berbagai macam produk. Mulai dari yang tradisional seperti air beras, masker bengkoang, jeruk nipis dan produk-produk herbal yang dijual di pasaran sampai produk yang ada di drugstore. Masalah jerawat itu gak berhenti disitu dan berlanjut hingga SMA. 

Aku masih berusaha mencari produk skincare yang cocok buat aku dan mencoba serangkaian paket lengkap skincare yang ditawari mbak-mbak SPG. Produk yang pernah aku pakai seperti serangkaian produk perawatan pond's, tul jie, mustika ratu, la tulip, viva, melanox, wardah, oriflame, garnier dan lainnya. Namun ya gitu, semuanya tidak ada yang memberikan hasil maksimal, bekas jerawat gak kunjung hilang, komedo masih ON kayak kulit landak :'(. Entah aku yang gak pandai pakai produknya atau emang wajah ini yang bebal gak bisa pakai produk apapun. Handeeeeh. Dulu sampai pernah terbeli produk yang ternyata salah satu produk tidak berizin BPOM.

Itu produk jadinya tidak terpakai semua, karena produk yang baru dipakek beberapa hari atau beberapa minggu langsung bikin breakout parah. Kemudian hanya jadi museum di kamar, bahkan beberapa teman atau saudara sengaja minta produk yang udah kagak aku pakai lagi ntu. Wkwk. 

Kemudian dikelas dua SMA aku beralih ke krim dokter A hasil rekomen dari tetangga. Dokter kulit A ini cukup banyak peminatnya di Pekanbaru dan dari luar kota. Alhamdulillah kulit wajah berangsur membaik gak jerawatan parah lagi saat itu walaupun bikin kantong kering perawatannya. Hehe. Lamanya menggunakan krim dokter itu hingga aku kuliah. Kemudian sempat berhenti sekitar setahunan, mencoba lagi pakai produk biasa karena udah gak jerawatan lagi, pakai produknya viva toner, pelembab wardah , melanox sunscreen dan facial foam ponds... campur gitu. Awalnya kagak ada masalah tapi ternyata  lama-lama wajah aku komedoan dan kusam walaupun jerawat batu emang kagak nongol lagi.

Ketika magang kuliah aku sempatkan diri untuk mencoba ke dokter kulit yang lain, yaitu dokter kulit B di Pekanbaru juga, rekomen dari sohib aku. Awalnya cuma ikut peeling treatment, diajakin gitu, tapi lama-lama tertarik dan konsul langsung deh. Pilihan perawatan lanjutan jatuh pada dokter B. Aku konsul sama dokter kulit tersebut tentang permasalahan kulit yang aku rasakan, kemudian dikasih resep dan diberi paket cream+sabun untuk dipakai setiap hari. Tempat prakteknya rame dan cukup banyak ternyata teman -teman aku yang melakukan perawatan disana. Pantes wajahnya sehat gitu kan. 

My Daily Skincare Routine...

Nah, berikut rahasia tentang daily skincare routine yang aku lakukan di rumah :


 Cleanser (Facial Foam, Facial Wash, Sabun Wajah)


Pertama, aku menggunakan cleanser atau sabun pencuci muka yang berfungsi untuk mengangkat kotoran di wajah. Ini adalah produk yang paling penting sebelum kamu memakai produk skincare lainnya atau memakai make-up. Biasanya aku juga sesekali memakai produk facial wash-nya ponds untuk menghemat.

Ada banyak produk cleanser yang dijual dipasaran yang bisa kamu beli. Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Aku pribadi kebanyakan cocok memakai merek cleanser manapun terkhusus untuk wajah oily dan acne skin.


Toner (Penyegar, Hydrating, Exfoliating Toner)



Kedua, setelah membersihkan wajah dengan sabun, jangan lupa keringkan wajah dengan handuk. Ingat, ketika mengeringkan wajah dengan handuk jangan digosok-gosok ke wajah. Cukup pelan-pelan sambil ditekan-tekan agar kulit tidak iritasi.

Setelah itu, ambillah kapas dan tuangkan toner secukupnya kemudian usapkan sambil ditepuk-tepuk ke wajah. Fungsi toner yang aku pakai lebih kearah untuk menyegarkan, membersihkan kotoran yang masih tersisa dan menetralkan pH kulit wajah agar dapat menyerap nutrisi cream yang akan dipakai berikutnya.

Ada banyak jenis toner itu sendiri, sobat-sobat bisa membaca pada jurnal-jurnal kecantikan tentang toner jenis apa yang cocok.


 Cream Jerawat


Ketiga, setelah toner yang diusapkan kering, maka tinggal dioles krim jerawat tipis-tipis diseluruh area wajah yang berjerawat. Fungsi dari krim yang aku pakai ini agar jerawat gak muncul lagi + menghilangkan bekas jerawat. Kemudian tunggu 10 hingga 15 menit sampai krim meresap ke kulit.

Biasanya setelah toner, bagi pemula bisa digantikan memakai moisturizer atau pelembab. Dulu aku pakai pelembab dari wardah.


Cream Sunscreen (Sunblock)


Keempat, kemudian olesi lagi ke wajah krim sunscreen ini (ditimpa). Berfungsi untuk penangkal radikal bebas atau melindungi kulit dari cahaya matahari dijam-jam yang gak baik untuk kulit. Intinya sih biar kulit kita kagak gosong dan belang. Hehe. Tunggu krim ini sampai kering. Kemudian untuk menghilangkan efek kilapnya tinggal dikasih bedak deh. Di pasaran banyak dijual krim sejenis, pilihlah yang mengandung spf dan gak lengket.


Loose Powder (Bedak Tabur)


Kelima, sebagai finishing aku biasanya memakai bedak tabur Marcks' yang warna cream. Bedak ini baru aku pakai ketika aku kuliah semester 3 karena sebelumnya cuma pakai bedak baby atau bedak tabur dari dokter. Setelah pakai Marcks' jadi suka banget. Ternyata ringan, warnanya natural, murah dan bikin tampilan wajah jadi halus untuk kualitas powder. Ditambah lagi cocok banget untuk kulit aku yang gampang berjerawat. 

Minusnya Marcks' ini memiliki tempat yang gede jadi agak makan tempat kalo dibawa kemana-mana. Untungnya sekarang udah ada dalam bentuk jar kecil, hehe. Ini bedak aku rekomen banget untuk kalian yang lagi perawatan kulit berjerawat. Beberapa kali touch up juga gak apa, jangan takut kayak topeng karena meresap dan menyatu dengan kulit wajah kita.


Lip Balm ( Pelembab Bibir )


Setelah itu untuk sehari-hari di rumah, aku tinggal olesin lip balm dibibir. Berfungsi untuk menjaga kelembaban bibir biar kagak kering. Bisa untuk sebagai base sebelum pakai lipstik matte agar gak retak-retak dan bikin bibir kering.


Body Lotion


Terakhir, akhir-akhir ini aku lebih sering memakai hand body atau body lotion setelah mandi. Ini juga penting katanya biar kulit tubuh tetap lembab. Tinggal dioles keseluruh tubuh. Dulu aku gak ada yang namanya pakai kayak beginian. Karena emang dari sononya aku gampang kegerahan dan keringatan, jadi ketika memakai hanbodi ya karena ikut-ikutan temen. Ternyata malah gak enak, belum kering udah langsung gerah dan lengket-lengket gitu. Belum lagi pas ambil wudu. Lain rasa licinnya. Haha. Buat gak nyaman pakai hanbodi. Makanya gak pernah pakai lagi.

Dan aku mulai pakai hanbodi kembali sejak aku magang sampai sekarang. Karena dulu magang tempatnya full AC dan dingin banget. Kulit aku jadi kering dan setiap hari kudu stay hanbodi juga di dalam tas. Sekarang jaga toko juga tiap hari kudu harus dekat kipas terus karena gak tahan gerah :D

Intinya fungsi dari body lotion ini agar kulit kita terjaga kelembabannya, ternutrisi dan pastinya supaya cerah deh. Wkwk... 


 Night Cream


Kalau untuk malam hari, aku menggunakan krim malam sebelum tidur. Aku baca-baca di jurnal kecantikan bahwa kulit akan lebih baik menyerap nutrisi ketika kita tidur dimalam hari, saat-saat kulit beregenarasi. Nah, kayaknya krim malam juga penting banget yak. Hehe. Berfungsi mencerahkan dan vitamin buat kulit.

Di pasaran banyak juga produk krim malam atau sleeping mask untuk menutrisi kulit, bahkan ada serum-serum anti aging dan sebagainya. Belum lagi cream eye nya biar mata gak cepet keriput dan terlihat segar.

Berikut urutan skincare yang aku gunakan sehari-hari:

PAGI    : Cleanser - Toner - Krim Jerawat - Sunscreen - Bedak
SIANG : Cleanser - Toner - Sunscreen - Bedak
Malam  : Cleanser - Toner - Krim Malam

Selain itu, sekali sebulan aku melakukan peeling acne treatment, yang katanya berfungsi untuk mengurangi jerawat, komedo, exfoliating dan mencerahkan kulit. Hasil yang aku dapatkan cukup memuaskan. Wajah sudah lebih mulus, gak kusam lagi dan jerawat pergi, Hehe. Memang masih ada jerawat kecil-kecil sesekali kalau mens, tapi cepet hilang dan kempesnya. Kalau dikata bisa putihan sih enggak jamin ya, mungkin lebih kepada kembali ke kulit aslinya. Apalagi kulit aku memang under tone.

Fuuuuuuiiiicchhhhhh.... banyak juga ternyata yaa aku cerita. Haha.

Kesimpulannya sampai saat ini aku masih puas dengan hasil yang aku rasakan. Menggunakan produk-produk yang dijual di drugstore gak memperlihatkan hasil seperti yang aku rasakan sekarang. Malah makin parah. Dari produk yang murah hingga yang mahal pernah aku coba. Sampai nyerah mau nyari skincare apalagi. 

Sudah setahun aku menggunakan krim dokter ini. Memang gak instan hasilnya tapi memuaskan, langsung cocok diawal pakai. Dan sampai saat ini belum terpikir untuk ganti krim lagi atau coba-coba krim lainnya. 

Daaaaah ya,  sudah mengantuk ini :D mungkin itu saja yang dapat aku share. Semoga bermanfaat. Wassalam.


No comments:

Post a Comment