Sunday 4 March 2018

Wisata Teluk Jaring Kampar

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh




Kali ini aku ingin sedikit berbagi cerita tentang kunjungan ke suatu tempat objek wisata yang ada di Riau. Yap... tepatnya pada tanggal 25 Februari lalu aku diajak oleh Oom, Etek dan juga sepupu-sepupuku mengunjungi tempat wisata yang lagi Hits. Akhirnya aku, Papa, Ibu, Fatimah, Mamat dan Rara mau ikutan. Mumpung lokasinya gak jauh dari Pekanbaru. Asik!!Haha.

Btw, aku di telpon oleh Etek aku sekitaran jam satu siang dan baru berangkat sekitar jam dua siang. Disuruh bawak nasi sih, cuma karena diajak mendadak dan kami semua udah pada makan siang, yo wess akhirnya pergi dengan membawa bekal cemilan apa adanya. Wkwk. Nyampe dilokasi hampir jam tiga sore. Pas pula cuacanya mendukung, mendung-mendung manja. Hehe.

Hampir lupa nih, nama lokasi wisata yang kami kunjungi adalah 'Teluk Jering' yang lokasinya berada di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Tempat wisatanya berada pada sebuah desa kecil yang berada di pinggir sungai. Waktu yang ditempuh menuju lokasi objek wisata kalau dari Pekanbaru sendiri tidak terlalu jauh, apalagi kalau untuk warga Panam seperti aku. Bisa menggunakan mobil dan juga motor. Setengah jam juga kagak nyampe, pokoknya deket. Arahnya menuju Teratak Buluh yang jalannya luruuuuuss aja setelah jembatan, setelah itu sebelah kanan bakal nampak baliho lumayan gede yang menandakan masuk menuju lokasi wisata.

Perjalanan ternyata tidak cukup sampai disitu, kita harus masuk kedalam sekitaran 15 menitan dengan kondisi jalan tanah kuning yang begelombang, rusak alias kurang bagus. Gak rekom kalau pergi ketika musim hujan, karena dipastikan jalannya bakal becek dan membuat perjalanan kita kurang sreg. Wkwkwk. Ntar kita ikutin aja terus jalannya dan kita bakal sampai di sebuah desa kecil yang tak lain kita telah sampai di lokasi dan tinggal memarkirkan mobil atau motor kita.

Untuk biaya masuk itu GRATISS TISS TISS!! Cuma bayar parkir sebesar Rp. 5000 sih waktu itu kalau untuk mobil. Mantep kan? 



Bersama sepupu



Sepupuku si Yunik



Sedang santai


Yang aku sesalin aku gak sreg mau foto lokasi yang ciamik kece badai disana, haha. Dikarenakan waktu itu lagi rame banget. Mungkin karena pas weekend  jadi pengunjungnya bener-bener padat dan rame , but over all yang penting bisa bermain dan berkumpul bersama keluarga. Ditambah lagi disana banyak juga orang-orang yang jualan aneka ragam jajanan dan makanan, jadi tiba disana bagi yang gak bawa bekal gak takut kelaparan.



Gapura

Sesekali orang-orang aku mendengar mereka menyebut lokasi wisata ini dengan 'Pantai Cinta' karena di bibir sungai terdapat hamparan pasir pantai putih-halus yang cukup luas. Cakep daahhh!! Kemudian hamparan padang rumput yang luasnya kebangetan. 






Padang rumputnya luas dan hijau, mungkin foto ini bisa menjadi perwakilan imajinasi ya. Hehe. Jarang-jarang liat padang hijau yang luas kaya begini kan? jadi sekali diliat amazing banget.





Dan satu lagi yang sebenarnya pengen aku tekankan kepada para pengunjng siapa pun itu dan dimana pun berada tak terkecuali hanya ditempat wisata. Ini soal sampah. Masih banyak yang gak ngerti soal sampah, 'Buanglah sampah pada tempatnya.' Anak kecil aja bisa paham kok kalo dia baca, masa yang gede kagak paham-paham. Kan sayang banget tempat sebagus ini dijorokin sama kamu-kamu yang gak bertanggung jawab.  

Kesel aja rasanya kalo ke tempat wisata itu ngeliat sampah berserakan dimana-mana. Kalo aku jadi petugas kebersihan mungkin udah aku tekek kali ya kepalanya. Kagak mikir apa gitu seenak ee buang sampah. Ketika ngeles bilang gak ada tempat sampah mbok ya sampahnya dibawa pulang beres, tinggal buang dimana yang ada tempat sampahnya. Jangan dibuang sembarangan. Toh yang buat sampah siapa malah nyalahin gak ada tempat sampah. Situ sehat?? kan kagak mungkin juga setiap jengkal melangkah ada tong sampah woii... hallaahh.




Btw...semoga hamparan hijaunya tetap lestari dan menyegarkan mata dah pokoknya buat wisata Riau ini. Ditambah lagi ada gembala kerbau-kerbau juga. Emang lokasinya cocok banget buat ngumpul bareng keluarga sambil bawa bekal. cocok untuk kemping dan berenang. 

Apalagi wisata yang kayak begini dibutuhkan banget sama orang Pekanbaru ni, karena di Pekanbaru sendiri sangat minim tempat wisata alam bahari. Jadi, gak salah kalau tempatnya rame banget ketika liburan, karena jadi tujuan utama selain Alam Mayang. Wkwk.



Salah fokus. ahayy





Abaikan wajah Rara :D


Kalau untuk fasilitas hiburan disini juga udah pasti ada dong. Aku mencoba beberapa permainan yang cukup seru bersama sepupu-sepupu aku :D main air basah-basahan. wkwk. Aku mencoba banana boat dan naik perahu jet high speed. Biayanya Rp. 15.000/orang. Masih ada yang lain seperti crazy ufo kemudian ada naik kapal mengelilingi sungai dengan biaya Rp. 5.000/orang. Ada juga naik motor atv yang biayanya cukup Rp. 25.000/orang.

Oom, Etek dan adik-adik kecil dan orang tua aku naik perahu yang mengelilingi sungai. Kata mereka pemandangan kiri kanan selama naik perahu bagus banget. Nyesel kagak ikutan naik, abisnya udah basah duluan dan udah capek. Haha.













Fasilitas seperti WC dan kamar mandi pun ada dibeberapa titik dan bersih. Kemudian ada mesjid yang nyaman benget juga. Di mesjid juga ada tersedia air minum, kopi, susu gratis, bagi siapa yang mau ambil sendiri. wkwk. 

Dan makasi banyak untuk saudara kerabat yang udah mengajak aku sekeluarga menghabiskan senja di Teluk Jaring yang indah ini. Semoga kita next trip bisa jalan-jalan bareng lagi. Aamiin.




Dan mungkin itu saja, semoga bisa jadi referensi liburan menarik untuk teman-teman sekeluarga khususnya warga Kota Pekanbaru. Mumpung belum dipungut biaya pengunjungkan. Hahha.  Wassalam.



No comments:

Post a Comment