Jumat, 04 Oktober 2013

Selamat jalan Nenek :'(

Innalillahi wa innailaihi rojiun. Itu adalah penggalan kalimat dari surat Al-Baqoroh:154 dengan arti sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali. Sungguh suatu bacaan yang penuh makna, ayat ini sering sekali kita lontarkan apabila kita mendapat cobaan ataupun ujian dari sang pencipta termasuk ketika adanya kematian.

Mau curhat Sob, sedih banget nih... kemaren tanggal 1 Oktober, nenek aku tercinta telah berpulang ke Rahmatullah mendahului kami tepatnya jam setengah empat sore hari. Nenek telah ikut menyusul Atuk yang meninggal 3 tahun lalu tepatnya di tanggal 13 Oktober. Sedih memang, karena ini adalah kejadian mendadak. 

Kata Tek Nis, sebelum meninggal Nenek sempat makan siang dulu dengan pisang sebanyak dua buah, emang gak biasanya Nenek makan pisang bisa sampai sebanyak itu. Setelah makan tiba-tiba saja Nenek tercekik batuk dan seketika Tek Nis mengangkat badan Nenek untuk  didudukkan agar menghilangkan rasa tercekik Nenek. Seketika Nenek pingsan. Tek Nis yang panik langsung berlari ke rumah Etek aku yang bernama Bulek Srik. Ketika Tek Nis dan Bulek sampai lagi kerumah nenek, nenek udah pucat pasi, dan saat itulah ternyata nenek telah meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Agak nyesal memang, Tek Nis gak tanggap karena sebelum meninggal nenek belum sempat membaca syahadat. Tapi alhamdulillah, nenek tidak mengalami sakaratul maut, istilahnya nenek seperti meninggal dengan baik. Sepertinya pada saat tercekik ketika makan itulah nyawa nenek diambil oleh Allah. Terima kasih ya Allah, engkau permudah nenekku ketika menjalani sakaratul maut.

Untuk nenek, semoga nenek diberikan tempat yang baik oleh Allah, dilapangkan kuburnya dan mudah-mudahan kelak kita semua akan dipertemukan Allah di surga-Nya kelak. Aamiin. Maafin Laila tadi yang gak sempat mengantar nenek ke liang lahat dan menyolati nenek. Tapi Laila senang, Laila bisa mencium wajah nenek sebelum disolatkan :'(

Allah berfirman


قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
“Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kalian lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kalian, kemudian kalian akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia memberitahukan kepada kalian apa yang telah kalian kerjakan”. (Surat Al Jumu`ah: 8).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar