Jumat, 25 Juli 2014

Buat Kue Lebaran

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Haii semua :D gak terasa bentar lagi kita bakal kedatangan Eid Mubarok. Kita semua umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri yang akan datang dua hari lagi. Gak sabar yaa... pasti udah pada beli baju lebaran ya? Ciieeee...beli baju baru dang :P

Selama bulan puasa, aku banyak melakukan berbagai aktivitas di rumah. Gak ada keluar, paling keluar acara bukber, temanin Ibu belanja keperluan masak dan buka puasa, belanja bahan-bahan keperluan lebaran dan sebagainya. Kegiatan aku yang continu selain mengisi ramadhan dengan tarawehan, baca quran, dll. Hampir tiap hari dari pagi sampe sore ya jagain toko bantu Papa. Hehe...

Paling paginya aku mulai start jam 10 jaga toko. Pagi-pagi yang jaga Papa kadang dibantuin sama Ibu dan adek aku yang cowok. Maunya itu adek aku yang cowok yang rajin jagain toko, tapi dia nya malah sering kabur. Katanya dia panitia remaja mesjid, jadi banyak perlombaan, rapat dan minta dana sama jemaah sekitar. Yaa... alhamdulillah lah kalau adek aku rajin begitu. Aku aja jaga toko jadinya :D. Adek si ngajak ikut panitia remaja mesjid gitu *aku masih remaja gak?? :D. Tapi aku nya malas karena teman-teman yang seumuran aku kagak ada yang ikut nimbrung, jadinya kagak ikutan deh. Lebih milih bantuin jaga toko ajah, kan udah ada adek mewakili :D

Satu yang paling aku tunggu-tunggu kalau bulan ramadhan, yaitu buat kue. Aku paling suka bantuin ibu buat kue kering. Paling hobi nyetak-nyetak adonan biasanya. Tiap tahun pasti buat kue. Hehe. Tapi kali ini aku yang buat adonan, adek aku Fatimah yang tukang nyetak-nyetak adonan. Seru deh, walaupun capek juga. trus awal-awal ada juga sebagian yang gosong karena kerjanya sambil-sambilan gitu :D. Biasanya kami mulai buat kue siap isya, dan selesai sekitar jam 10 malaman gitu.

Lebaran kali ini gak banyak beli kue, kebanyakan di buat aja. Karena kue kering bisa disimpan jadi aku udah buat kue kering duluan selama empat malam berturut-turut bareng Ibu, Fatimah dan Ahmad adik aku yang paling kecil. Oh ya, kami buat empat macam kue kering. Satu malam satu macam kue.

Kebetulan waktu itu aku dan Ibu lagi kedatangan “tamu” bulanan jadi gak ke mesjid dan nyempatin diri buat kue lebih cepat, dimulai dari tanggal 18-21 kemaren. Hehe, maunya posting sejak kemaren-kemaren ya. Iyaa nih, soalnya makin dekat lebaran, ada-ada aja kesibukan, trus paket internet juga habis. Jadi baru sempat posting sekarang.

Ini dia bentuk kue yang aku buat bersama Ibu dan adik-adikku.


Ini kue rasa lemon, kue yang paling aku suka rasanya,hehe
diatasnya ada hiasan buah cery yang manis , yummy...
bentuknya agak ngembang berantakan yaah :D
maklum kue pertama yang dibuat, hehe
baru diangkat dari oven nih. Yang penting rasanya enak browwhh.



Yang pasti ini bukan kue gosong yaaa...
tapi ini kue colkat dengan choco chips.
foto nya emang rada-rada muram karena diambil pake kamera hape Sob :D



Proses peng-ovenan, pake oven HOCK ...haha


Nah, ini kue keju, di buat pada malam ke-3




Yang ini di buat pada malam ke-4 (terakhir) ku kacang 
dengan taburan wijen diatasnya dengan dua bentuk.
bentuk aneh dan bentuk bintang :D
menurut sobat mana yang bagus tuh???


Di Foto dulu kuenyaaaaa.... 

Oh iyaaa....adik aku si Ahmad paling rajin bantuin Ibu. Malah dia gak mau pergi ke mesjid karena pengen bantuin Ibu buat kue. Aku kira Ahmad bakal bantuin makan :D. Gak taunya Ahmad benar-benar bantuin. Kayak ngasih hiasan-hiasan diatas kue gitu. Semangat banget dia, kerjaannya ngomong dan banyak kali tanya nya, kadang pengen aku cubit pipi tembemnya yang udah mulai kempes :D

Pas malam terkahir mau buat kue, Ibu nyuruh Ahmad ke Mesjid sama Papa.Tapi si Ahmad gak mau, katanya mau buat kue. Supaya Ahmad mau ke mesjid Ibu pura-pura tidur kecapean gitu, sambil bilang “Ibu, gak buat kue hari ini, pergi lah ke mesjid sama Papa. Ibu lagi capek.” Karena Ibu bilang gitu, akhirnya Ahmad pergi ke mesjid deh.

Setelah itu, kami pun buat kue bertiga jadinya. Aku, Ibu, Fatimah. Pas kami lagi sibuk-sibuk buat kue, Ahmad sama Papa pulang dari mesjid. Si Ahmad langsung bilang sambil meluk Ibu “Katanya Ibu gak buat kue, bohong maa Ibu.” Ahmad cemberut. Haha... lawak dia kenak tipuan betmen.

Pokoknya seronok lah kalau buat kue nih. Si Fatimah juga, malas ke mesjid alasannya malas pergi sendiri. Yo wess laaah.

Alhamdulillah buat kue sendiri di rumah itu lebih hemat loh. Dengan modal dua ratus ribuan bisa buat empat macam kue yang banyak. Mungkin bisa buat lebih banyak macam-macam kue lagi. Yaa tapi karena sebagian mau dibawa ke kampung makanya buat empat macam kue tapi banyak. Dari pada beli kan, satu toples kecil paling murah diatas 50 ribuan.

Kan gak semua kue di bikin juga, jadi ada juga beberapa kue yang di beli. Teman aku juga ada yang jualan kue bawang sama kue sapik namanya Sintia, temen MTs dulu yang hingga kini masih jadi Sohib aku yang paling setia :* dia bantuin emaknya jualan kue juga. Dari dulu udah langganan beli kue sama dia dan juga Papa beli beberapa macam kue sama temannya yang nawarin gitu. Jadi banyak macam kue deh. Jangan lupa lebaran ke rumah ya. Pas H-1 masih mau buat kue lagi nih, buat kue bolu. Hehe.

Aku sama Ibu juga ada planning nih tahun depan. Rencana bakal mau jualan kue lebaran. Soalnya omset jualan kue itu setelah itung-itungan ngejanjiin banget. Jadi kepengen buat usaha kue dan jadi pengusaha kue nih :D. Aamiin Aamiin ya Allah. Doain yaa. Kalau bisa nanti aku belajar-belajar lagi buat aneka kue sekalian buka double store di rumah. Toko bangunan sekalian toko kue :D

Ada yang terlupa nih, selamat juga buat adik aku si Ahmad yang chuby. Kamu udah besar sekarang. Puasanya sampai sekarang belum ada yang bolong di usia kamu yang masih 8 tahun. Kakak aja baru bisa puasa full di umur 10 tahun. haha... Insya Allah sampai lebaran mudah-mudahan full yaa :* Walaupun Ahmad udah kurusan tapi bakal balek lagi kok gemblungnyaaa ... hehe



Dedek tersayang yang paling cerewet dan banyak tanya :*

Ok... mungkin itu aja yang mau di share, yang mau tau resep kue nya tanya langsung aja yaaa... hehe :D
Wassalam :))




7 komentar:

  1. ga mau tau resep kuenya tapi mau minta kuenya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... silahkan lebaran ke rumah :D

      Hapus
  2. sebetulnya masih kurang kalo lebaran gak ada kue kembang... tapi makasih resepnya mudah mudahan gampang di buat.. sekalian praktek mau bikin kejutan buat emak

    BalasHapus
  3. ciee bikin kue lebaran, cewek yang pinter bikin kue itu istriable haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin :D baru kali ini dengar istilah istriable -.-

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus