Sabtu, 19 Maret 2016

Together We Can

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh



Anime Anohana
source


Bukankah kita adalah makhluk yang begitu lemah dan rapuh? Ya… kita tidak akan bisa hidup tanpa ada manusia yang lainnya. Hidup terasa hampa jika tidak ada manusia lain yang bisa diajak berkomunikasi, melakukan ini dan itu bersama,berbagi suka duka dan lain sebagainya.

Kita hidup berbangsa-bangsa, bersuku-suku dan ras yang berbeda-beda. Kita memiliki keluarga, kerabat dan teman-teman dalam keseharian hidup kita yang mereka selalu ada disekitar kita. Tapi pernah kah kita benar-benar berfikir sesuatu?

Yang kita inginkan bukan hanya soal hidup dalam satu tempat. Lebih dari itu… kita semua pastinya butuh sebuah arti kebersamaan. Kebersamaan didalam sebuah keluarga, kebersamaan didalam sebuah persahabatan, kebersamaan diantara dua orang yang saling mencintai dan masih banyak kebersamaan lainnya. Setiap manusia itu unik dan memiliki pikiran yang berbeda-beda tergantung sudut pandang mereka dan tujuannya. Kebersamaan selalu disalahartikan bahkan dimanfaat oleh orang-orang yang egois akan hidupnya sendiri.

Bukankah kebersamaan itu indah??

Bersama bukan soal tangan yang selalu bergandengan. Bukan soal raga begitupun wajah yang selalu bertemu. Bukan soal kamu, aku,dia, mereka. Bersama juga tidak hanya wara-wiri, konyol-konyolan dan menghabiskan sesuatu hanya dengan cuma-cuma. Bersama bukan untuk ladang mencari rensasi, apalagi tebar pesona. Bukan ladang pamer, bukan untuk gengsian, pun bukan untuk pelarian. Kebersamaan bukan untuk orang yang datang dengan hati namun pergi sesuka hati. Kebersamaan juga bukan untuk menanam luka dan menuai rasa sakit. Kebersamaan juga tidak hanya foto bareng-upload di sosmed. Kebersamaan tidak hanya sekedar ngumpul trus pergi hilang kabar. Kebersamaan juga tidak hanya dirayakan pada hari tertentu dan mengabaikan hari yang lain.

Kebersamaan lebih dari itu…

Bersama itu adalah kita. Bukan sendiri-sendiri. Saling mendampingi dan menyayangi. Tidak membedakan antara si kaya dan si miskin. Mengisi kekurangan dengan kelebihan dan saling membantu. Ibarat bangunan, ‘kita’ adalah tiangnya. Jika salah satu tiangnya rapuh dan hancur maka robohlah bangunan itu. Bersama adalah saling menguatkan, saling membangun. Yang kuat memberikan semangat yang lemah diberikan kekuatan. Yang benar dinomor satukan dan yang salah diingatkan. Bersama itu ada disaat suka maupun duka. Saling percaya dan menjaga rahasia yang ada. Bersama itu menanamkan kebahagian bukan kesengsaraan yanng mendalam. Selalu memberikan semangat dan tersenyum riang. Kebersamaan adalah setiap hari, semua hari adalah hari spesial untuk bersama. Kebersamaan itu selalu bersama sampai nama di daun lauh al-mahfuz terukir dan jatuh,itulah tanda kebersamaan telah usai dan kematian akan segera menjemput. Ya…biarkan kebersamaan itu berakhir ketika ajal menjelang dan kembali lagi berkumpul di surganya Allah kelak. Aaminn…

Itulah mengapa kebersamaan sungguh mahal harganya dan gak semua orang mampu bersama secara utuh. Bersama itu sederhana dan indah bila dinikmati dengan suka cita dan apa adanya. Wassalam…

1 komentar:

  1. Yap, kebersamaan itu indah! Btw nonton Anohana juga, ya? Sedih tuh animenya *kok jadi bahas ginian*

    BalasHapus