Kamis, 28 Agustus 2014

Kecil-Kecil Bermanfaat

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Siang semua :O Hufftt... gak terasa kita bentar lagi akan berada di penghujung bulan Agustus, pastinya bentar lagi aku bakal aktif ngampus lagi :D semangaaaaat!!

Kecil-kecil bermanfaat?? Emang kecil-kecil cabe-cabean apaah *uupppss* cabe rawit maksudnya :D. Pengen deh, jadi kecil-kecil bermanfaat, tapi akunya udah keburu gede, jadi gede-gede bermanfaat aja laah. Aamiin.

OK, bact to the topic. Kebanyakan dari kita selama ini terlalu banyak menyepelekan hal kecil. Ya, seperti boros air, makanan yang sering dibuang begitu aja, tisu yang boros kita pake, sampah yang kita buang sembarangan, dll. Nah, itu semua sebenarnya bakal nampak kerugiannya jika kita lakukan dalam skala besar dan sering kita lakukan. Jadi kita kudu hemat. Seperti air, gunakanlah air dengan hemat, makanan jangan mubazir, tisu bisa kita ganti dengan sapu tangan, sampah buanglah pada tepatnya. Mudah bukan?? Laaah apa hubungannya dengan kecil-kecil bermanfaat?? -____- Yaa ada hubungannya lah, soalnya itu adalah hal kecil yang sering kita lupakan dan kita anggap sepele, coba gak kita lakukan hal demikian tersebut, pastinya bakal bermanfaat. That’s right? :D

Salah satu yang lain dan sering kita anggap sepele itu adalah KOIN, uang KOIN. Mentang-mentang cuma uang Rp.100 malah ntu uang kita serak-serakkan aja, kita buang atau kita biarin ntah macam apa. Kasian ntu uang pasti sakitnya tuh disini *#nunjuk hati. Aiiissshh -___-*.

Ditambah lagi kalau uang koin yang kita serak-serakkan itu adalah uang koin seribu. Laaaaah, tambah rugi. Bayangkan aja kalau dalam setahun ada beberapa uang koin yang kita acuhkan, hilang atau sebagainya. Kalau dikumpul-kumpulin kan bisa banyak juga tuh, setidaknya bisa beli jajan :D

Aku punya kebiasaan di rumah Sob, mungkin kalian semua pernah melakukannya. Jadi, kan kalau aku di rumah tiap hari pasti ada nyapu, pasti beresin rumah. Nah, pas lagi nyapu, suduk-suduk bawah kasur, sofa, pasti ada ajaa ketemu uang koin, ntah diatas meja,  di rak-rak, di dapur, di lantai, dibawah karpet, di WC pun juga nemu malah :D Pokoknya tiap beresin rumah, always ketemu uang koin.

Jadi, karena seringnya nemu uang KOIN, aku berinisiatif ngumpulin ntu koin dalam toples plastik awalnya. Tapi setelah koin itu udah agak sedikit banyak, aku letak di laci kasir deh untuk uang kembalian di toko. Bermanfaat kan??

Selanjutnya aku masih rutin tuh ngumpulin uang koin, tapi nyimpannya gak di toples plastik lagi,  udah dicelengan unyu-unyu si kecil-kecil bermanfaat ini. Yap, celengan Winnie the Pooh, ini celengan punya adek aku yang cowok. Karena gak ada dia pake ya aku minta aja, hehe.

My Winnie the Pooh :*

Yaaa, jadi gitu deh, kalau beresin rumah pasti ketemu duit koin terus, kalau ketemu ya tinggal pungut kemudian masukin dalam celengan. Kalau dikumpul-kumpul kan lumayan banget. Tempat yang paling sering aku temuin koinnya itu di kamar adek aku yang cowok. Di lantai pasti ada koin seratusnya, di rak-raknya, pokoknya ntu adek cowok sepele amat sama uang koin. Di suruh kumpulin dianya ogah.

Oh iyaaa, ngumpulin uang koin bukan berarti sok hemat gitu yaa... tapi berusaha gak mubazir aja :D rugi loh yang uang koinnya dibuang-buang. Selain menjadi bahan untuk nilai tukar barang, uang koin bermanfaat buat kerokan, cabut jenggot buat yang bapak-bapak, untuk alat undi gitu, untuk main adu gasing bagi yang anak-anak, pokoknya banyak gunanya uang koin. Hihi... makanya, kumpulin!! nanti pas butuh malah susah nyari-nyari.

Coba aja ntu uang dibiarin tergeletak tak bertuan selama bertahun-tahun, pasti lumutan ntu uang koin. Makanya, uang koin walaupun nilainya gak seberapa, walaupun nilainya rendah, tetap aja kalau dikumpulin banyak-banyak dan perlahan-lahan bakal gede juga nilainya. Atau kalau ragu uang koin kita berserakan hilang ntah kemana, maka uang koin akan lebih bermanfaat lagi kalau sekalian diinfaqin ke mesjid atau musholla, pokoknya gitu-gitu laaah.

Kemaren, aku baru aja bongkar ntu celengan kecil Winnie soalnya udah penuh banget, kira-kira aku ngumpulin uang koin di Winnie udah sekitar 4 atau 3 bulan yang lalu lah, alhasil pas aku itung-itung terkumpul uang Rp.39.200. lumayan-lumayan kaaaaan?? Ya, itu uang receh juga campur, ada dari uang kembalian belanja aku. Biasanya kalau belanja di supermarket pasti ada terus tuh kembalian uang recehnya. Kecuali uang receh tersebut diganti sama permen atau si kasir malah bilang gini, “Uangnya Rp.500  mau didonasikan buat bla bla bla??” pastinya kita bakal bilang iya dan gak jadi dapat kembalian uang KOIN. Hahha.

Kecil nilainya besar manfaatnya. Setuju?? uang koin  bukanlah uang yang tidak memiliki arti Guys. Jika kita pandai memanfaatkannya dengan maksimal so pasti terasa manfaatnya. OK, siapa nih yang bakal ngikutin aku ngumpulin koin? Ahhaaakksss XD Itu aja deh yang aku postingin hari ini, mudah-mudahan bermanfaat yaaaww.


Wassalamualaikum J

10 komentar:

  1. Bermanfaat banget, ini juga mengingatkan yang baca terutama saya yang sewaktu dulu kalo pengen apa-apa selalu nabung dulu, tapi sekarang ga pernah nabung, khususnya lewat celengan yang disini uang koin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooook, nabung lagi mas,,, daripada uang koinnya terbuang percuma :D

      Hapus
  2. wih bermanfaat nih. kalo gue juga sering tuh ngumpulin uang receh buat beli bensin. wkwk

    BalasHapus
  3. aku sering ngumpulin duit receh gitu. tapi yang 500 sih. terkadang males juga kalau ngumpulin 100 atau 200. banyak bgt. susah ngitungnya ntar. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apaa mas, yang penting ditabung, dikumpulin...Good job

      Hapus
  4. Bener nih. Bermanfaat banget. Apalagi kalau dimasukin ke kotak amal. Daripada kita buang dan sia-siain. Mending berikan ke orang yang lebih membutuhkan. Semua hal yang kecil akan lebih bernilai ketika kita terus melakukannya untuk jalan yang benar :)

    BalasHapus
  5. Bagi anak kost koin penting kok heehee
    Keep posting laa.. salam kenal
    Jengukin blogku juga ya

    BalasHapus