Sabtu, 11 Januari 2014

Lomba Menulis Cerita Pendek(Cerpen) - “Lihat, Dengar, Rasa”


Assalamualaikum Sobat semua :D

Ternyata setelah kepo-kepo lihat fb orang tenyata nemu catatan lomba buat cerpen beberapa hari yang lalu. Mau ikut, tapi belum sempat buat cerpennya beberapa hari ini dan parahnya DL nya hari ini pula. Ini cerpen baru tadi siang aku buat dan sekarang lagi buat ending cerpennya. Karena persyaratan lombanya harus bagiin info even ini, jadi harus aku posting. Maaf bagi temen-temen yang baca postingan aku ini karena aku yang terlambat posting. Maaf banget yaaa Sobat-sobat...

Ini dia infonya....

Asssalamu’alaikum, Wr.Wb.    Rekan-rekan penulis yang baik dan damai hatinya. Dalam rangka ungkapan rasa syukur atas karunia Allah SWT yang telah mempercayakan kami sehingga dapat mendirikan “Efarasti Publishing”, maka bersama ini kami menyelenggarakan Undangan Menulis Cerita Pendek: “Lihat, Dengar, Rasa”. Pada kesempatan kali ini, kami tidak menentukan suatu tema yang diangkat atau dengan kata lain cerpen-nya bertemakan bebas. Dengan demikian rekan-rekan bisa bercerita tentang keluarga, kisah cinta, persahabatan, pekerjaan atau apapun. Akan tetapi rekan-rekan diharuskan untuk mengawali cerpen-nya dengan sebaris pertanyaan yang sesuai dengan cerita yang akan disajikan. Adapun syarat dan ketentuannya dapat di simak di bawah ini.Syarat dan Ketentuan Lomba Cerpen:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  1. Naskah harus asli, orisinal karya sendiri, bukan hasil gotong-royong, bukan kutipan, saduran, plagiat, copy paste, terjemahan bebas atau hasil joki writer.
  1. Naskah bukan karya orang lain atau menjiplak baik sebagian maupun keseluruhan dari naskah yang telah ada dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, baik di media massa cetak maupun media elektronik yang beredar di dalam negeri, luar negeri bahkan di luar angkasa.
  1. Secara keseluruhan isi naskah (termasuk judul) menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika ingin menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah harus ditulis miring (italic) dan diberi catatan kaki.
  1. Naskah tidak mengandung unsur SARA, pornografi, politik, diskriminasi, intimidasi, pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) atau hal-hal yang dapat mengakibatkan kerugian negara, instansi, kelompok tertentu atau perorangan.
  1. Naskah diketik rapi dengan ketentuan sebagai berikut;
  1. Kertas A4.
  1. Semua garis tepi (margin) 3 cm (atas, bawah, kiri dan kanan).
  1. Jenis huruf Times New Roman.
  1. Ukuran huruf 12 pt.
  1. Jarak spasi 1,5 pt.
  1. Minimal 5 halaman dan maksimal 7 halaman.
  1. Seluruh kontributor mendapatkan elektronik Sertifikat Piagam Penghargaan (e-SPP) dan diskon di setiap pembelian buku event ini.
  1. Juara I berhak mendapatkan paket penerbitan di Efarasti Publishing dengan pilihan Paket Umum senilai Rp. 500.000,- (berlaku selama 6 bulan setelah pengumuman), dan 1 buah buku terbit event ini.
  1. Juara II berhak mendapatkan paket buku senilai Rp. 200.000,- dan 1 buah bukuterbit event ini.
  1. Juara III berehak mendapatkan paket buku senilai Rp. 100.000,- dan 1 buah bukuterbit event ini.
  1. 25 naskah terbaik (termasuk naskah 3 juara dan 3 naskah penulis undangan) akan diterbitkan di Efarasti Publishing.
  1. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat atau diintervensi oleh siapa pun.
  1. Royalti yang diperoleh dari penjualan buku disalurkan untuk kemanusiaan.
  1. Kami akan segera memperbaiki info event undangan menulis ini jika ada kekeliruan redaksional atau hal-hal lainnya.

Atau bisa langsung rekan-rekan download format naskahnya di sini:
§  Di awal naskah sertakan sebaris pertanyaan sebagai tirai pembuka dari cerpen-nya.
§  Di akhir naskah sertakan biodata narasi penulis maksimal 25 – 50 kata.
§  Posting kembali info event ini (boleh tanpa poster) di Facebook atau Blog masing-masing (untuk catatan di Facebook, tag minimal 25 orang).
Syarat dan Ketentuan Lainnya:  Untuk memudahkan komunikasi dan syarat utama dalam mengikuti event ini, setiap peserta harus:
§  “like” Fanspage Efarasti Publishing : https://www.facebook.com/efarastipublishing 
§  Follow Blog Efarasti Publishing di sini: http://efarastipublishing.blogspot.com/
Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) naskah/ karya terbaiknya.Selama event ini berlangsung naskah yang masuk tidak dapat ditarik kembali dan tidak diperkenankan diikutsertakan pada event lainnya.File naskah yang sudah di-download diganti/ diberi nama sebagai berikut:LDR#Nama Pena#Judul Cerpen Contoh: LDR#Hilda Soraya#Cinta Jangan Bersunyi
§  Kirimkan naskah Anda ke alamat E-mail:
undanganefarasti@yahoo.com
Naskah dikirim dalam bentuk lampiran (attachment), bukan di badan e-mail.
Hadiah untuk Para Kontributor:
Batas waktu pengiriman naskah (deadline): Sabtu, 11 Januari 2014 (bertepatan dengan 6th Anniversary Pernikahan Ratu Elia Yuanita, S.Si) Jam: 23:59 WIB Catatan:
“Kami nantikan karya terbaik rekan-rekan.” Wasssalamu’alaikum, Wr.Wb. 
Efarasti Publishing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar