Sunday 22 April 2018

Pengurusan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Pekanbaru


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Mumpung suasana di Kota Pekanbaru lagi hujan-hujan gini ditambah weekend pas banget terinspirasi buat nulis seputar informasi publik. Kali ini aku mau ngasih informasi buat masyarakat Pekanbaru khususnya untuk para pencari kerja dan semua yang sedang membutuhkan yang namanya Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).

Aku sendiri membuat SKBN dengan tujuan untuk melamar pekerjaan. Tes ini aku lakukan sekitar sebulan yang lalu. Ya... begitulah proses selanjutnya yang akan dihadapi bagi seorang lulusan sarjana ini :") fresh graduated. Hiks Hiks. 

SKBN sendiri sering sekali menjadi salah satu syarat administrasi dalam melamar pekerjaan. Aku pribadi sempat bingung mau tes bebas narkoba dimana. Secara aku belum pernah sama sekali melakukannya. Pas tanya ke Papa, katanya dilakukan di rumah sakit atau di rumah sakit kepolisian.

Iseng-iseng nyari di google, ternyata infonya masih kurang lengkap gitu menurut aku, mulai soal tempat tes narkoba, biaya yang dikeluarkan dan sebagainya. Maka dari itulah aku berinisiatif untuk membuat postingan ini agar sobat-sobat yang ingin melamar pekerjaan tidak bingung-bingung lagi. Hehe.

Kemudian, banyak yang menyarankan untuk tes bebas narkoba di rumah sakit yang biayanya itu lumayan mahal, kisaran dari harga seratusan ribu hingga tiga ratusan keatas. Rasanya sayang banget gitu kan ngeluarin duit sebanyak itu untuk satu surat yang hanya bisa sekali kegunaannya.

Oke...gak berlama-lama, pengurusan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Pekanbaru berdasarkan informasi yang aku dapat sebelumnya  yaitu dilakukan di klinik Pratama Kantor BNNP Riau atau di RS Bhayangkara Polda Riau. Informasi itu aku dapatkan di twitter resminya BNNP Riau Official (@BNNP_Riau). Setelah tau lokasi terdekatnya dimana, aku memilih melakukan tes di Klinik Pratama saja. 

Aku sendiri melakukan tes bebas narkobanya di Klinik Pratama Jl.Pepaya No. 65, di Kantor BNNP Riau. Bagi yang masih gak tau Jl. Pepaya itu dimana, Sobat tinggal cari aja Plaza Citra Matahari gak jauh kok dari Matahari, disamping Matahari ntar ada jalan yang tinggal lurus aja dan disebelah kanan sobat bakalan nampak baliho besar tentang jauhi narkoba gitu. Sampai deh di kantor BNNP Riau.

Ketika sudah sampai, tinggal masuk aja ke kantornya dan nanti bakal disuruh isi kayak buku tamu gitu dan ditanya apa keperluan kita. Kebetulan waktu itu hape aku diminta sama petugas yang sedang jaga dan disuruh buka note melalui Hp. Wkwk. Ternyata note hp aku diisi si petugas langsung dengan alat-alat yang harus aku beli untuk keperluan tes dan syarat membuat SKBN. Syaratnya hanya menyiapkan:

a. Pas foto (4 x 6) 1 lembar 
b. Fotokopi KTP 1 lembar

Kemudian aku diarahkan petugas untuk membeli alat-alat tersebut sendiri ke toko alat-alat kesehatan atau apotek di Jl. Jend. Ahmad Yani. Semua biaya yang aku keluarkan untuk membeli alat-alat tesnya adalah Rp. 75.000. Berikut alat-alat yang aku beli:


Monotes 5 Parameter, 1 buah


Pot Urine 100ml, 1 buah

Proses menjalani tesnya tidak sulit, sobat hanya perlu mengikuti intruksi dari petugas yang akan melakukan pengecekan terhadap kita. Pastinya kita akan disuruh ke kamar kecil dan mengambil sampel urine kita sendiri dan dimasukkan ke dalam pot. Setelah semua pemeriksaan selesai kita tinggal menunggu suratnya keluar. Dan selesai deh semuanya. Suratnya terdiri dari dua lembar. Tidak perlu menunggu lama. Berikut contoh suratnya:


Contoh Surat SKBN


Dan ternyata setelah surat selesai tidak ditambah biaya-biaya lagi. Jadi semua biaya yang dikeluarkan untuk tes ini hanya Rp. 75.000 saja. Setidaknya gak semahal di rumah sakit. Hehe. Aku sempat bertanya kepada petugas yang memeriksa aku, bisa gak kalau surat ini dilegalisir atau diperbanyak untuk mendaftar ke perusahaan/instansi atau tempat lainnya. Dan jawabannya  kalau surat SKBN ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai. Ya digunakan hanya untuk satu tujuan atau dua tempat yang bersamaan saja karena di surat ini akan ditulis tujuan kita melakukan tes bebas narkoba untuk melamar pekerjaan ke instansi atau perusahaan apa. Bisa satu atau dua tempat sih kata petugasnya itupun kalau bersamaan. 

Nah, jadi begitu sobat cara pengurusan untuk membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di Pekanbaru. Kalau untuk di RS Bhayangkara atau rumah sakit lainnya, aku masih belum tau apakah sama prosedurnya atau gimana. Mungkin itu saja yang dapat aku informasikan, semoga bermanfaat buat semua khususnya untuk warga Kota Pekanbaru. Wassalam.







34 comments:

  1. Hari sabtu bisa buka tidak?

    ReplyDelete
  2. Keren infonya sist .Hbisnua saya kmren k rumkit. Katanya gbs. Hrus ada surat dr dokter rujukan blabla .K rumah sakit umum ada tes lain yg hrus dbuat sblm tu. Kena biaya brpa gt pkoknya tinggi. Thank u sist..

    ReplyDelete
  3. Ini bayarnya 600rb lho untuk tes kesehatan nya di RS Bhayangkara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius kah bisa semahal itu? Ywdh, di BNN saja mba yang lebih murah. Hehe

      Delete
    2. Halo di BNN berapa bagi info nya

      Delete
    3. Di BNN sendiri gratis. Kita cuma beli alat tesnya aja sendiri ke tempat alat2 kesehatan dan saya cuma ngeluarin uang 75.000. Info terbarunya, temen saya bilang nama alat tesnya udah berubah lagi ,dan biaaya yg dikeluarkan jadi 85.000 untuk sekarang.

      Delete
  4. Saya kemaren urus kok 130rb ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah ,kok lebig mahal yak? Di klinik kah?? Tapi info dari temen di BNN gak pakai monotes 5 parameter lagi, tapi yang monotes 6 parameter. Kebijakan baru. Dan biaya yang dikeluarkan seluruhnya jadi 85.000.

      Delete
  5. Mw tnya nih.
    Dlu sya candu dugem.
    Trus sya mau buat surat keterangan bebas narkoba. Apakah itu bisa di lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama mas/mba nya bukan pecandu narkotika saya rasa bisa saja melakukan tes.

      Delete
  6. Kak skbn ini ada masa berlakunya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya bisa untuk sekali digunakan ke satu tempat untuk satu surat SKBN

      Delete
  7. Keren infonya kaka, aku mau coba deh klo beneran 😁🙏

    ReplyDelete
  8. Kak mau tanya, kalau kita ktp aslinya bukan dari prov riau apa bisa ngurus surat bebas narkoba disini?

    ReplyDelete
  9. Kak disana apa juga bisa bikin surat sehatt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau juga tapi lebih baik surat sehat dibuat di puskesmas, rumah sakit atau klinik untuk orang sakit :)

      Delete
  10. Waktu pelayanan nya jam berapa aja ya kak?

    ReplyDelete
  11. Wahh bermanfaat banget info y.. thk yah ..

    ReplyDelete
  12. prosesnya setelah beli alat2 tersebut, sampai selesai berapa lama ya kak?

    ReplyDelete
  13. Kak,itu kliniknya termasuk dari utusan pemerintah ga ya kak?soalnya buat daftar cpns gitu kak

    ReplyDelete