Minggu, 18 Mei 2014

Di Umur 19

Assalamualaikum Sobat yang baca... lama yaa tak nulis entry lagi di blog. Mungkin karena aku nya kali ya terlalu menyibukkan diri padahal gak sibuk-sibuk juga :D sebenarnya pengen posting cuma karena jaringannya  aja yang lelet. Oh iya,Alhamdulillah tanggal 11 Mei kemaren usia ku sudah menginjak 19 tahun dan umur yang tersisa pun berkurang satu. (Ciiiiiiieeeeee... yang ulang tahun Happy birthday yaaa-à ngucapin kepada diri sendiri) haha.

Sedikit cerita pengalaman yang berbeda di hari ulang tahun kemaren. Yap... hari ulang tahun yang gak biasanya aku rasain kali ya. Saat itu aku lagi ikutin Diklat Dasar Pelatihan Jurnalistik di Lembaga Pers Mahasiswa Bahana Univiersitas Riau utusan dari LPM Gagasan kampus aku. Yang di utus ada aku dan Muthi, yaaa... only me and Muthi. Sebenarnya Diklat itu berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9-11 Mei, tapi karena pengen masuk kampus, tanggal 9 kami gak ikut diklat jadi ikut diklatnya mulai tanggal 10.

Awalnya kami merasa terasing gitu disana, pengen pulang juga, gak enak karena kayak di kerjain gitu. Lah aku sama Muthi bingung cemas-cemas. Udah dengar-dengar bakal ada simulasi tengah malam lagi. Saat itu yang terbayang di otak kami capek yang akan luar biasa. Tapi kalau mau tau cerita panjang lebar yang sesungguhnya nih bisa nompang baca di blog nya Sobat aku Muthi Haura klik disini.

Di hari ulang tahun yang ke-19, tengah malam pergantian tanggal 10 ke 11 yang ada mengharuskan aku dan teman-teman melanjutkan simulasi mencari berita. Hiiks hikss... ulang tahun yang jauh dari kesan meriaah :D tapi So far tak apalah lah, yang penting alhamdulillah masih hidup sampai sekarang. Kudu disukurin. Nah selanjutnya sumpaah gilaaa.... tengah malam cuiyyy, di tengah kota yang terkenal dengan geng motor yang selalu berkeliaran dimana-mana kami diharuskan untuk mencari berita. Ya rame lah jalanan di banjiri muda-mudi plus anak-anak preman jalanan. ahha

Ini ketika lagi wawancara anak muda yang sedang ngumpul-ngumpul
tengah malam sama teman-teman motornya (pic 1).
Wawancara tukang parkir  yang notabene adalah seorang pelajar (pic 2)

Pokoknya rada seram juga sih berkeliaran tengah malam mencari berita keliling-keliling di sekitar kampus UR bawa motor sama Kak Nila. Tapi Alhamdulillah berita kami pun terkumpul dan siap buat dijadikan majalah terbitan kami sendiri. Oh iyaa... simulasi ini kami dibagi jadi beberapa kelompok, kelompok aku terdiri dari Kak Nila, aku, Nova, Bang Saipul, dan Eko, kami semua mencari cari berita dan mereka semua juga rajin. Aku aja waktu itu ngantuk banget, udah malas buat nulis juga.Bayangkan aja Sob, dari malam sampai pagi sama sekali gak ada tidur, teman kami hanya teh panas dan roti buat ngeganjal ngantuk.

Kru MENTARI dan penampakan dikit dari majalah kami.


Oh iyaa sampai lupa ceritai tentang bagaimana proses pembuatan majalah kami. Majalah yang kami buat itu dimisalkan kayak majalah yang asli, tapi sebenarnya hanya kertas biasa yang terdiri dari 4 halaman dan ditulis dengan berbagai tulisan, mulai dari Straight news, cerpen, karikatur, feature, liputan utama, dan tambahan tulisan lainnya lengkap dengan salam redaksi dan lainnya. Nama majalah kami di kasih nama “MENTARI”. Kak Nila yang ngasih nama itu buat nama majalah katanya mentari itu mengandung filosofi menyinari yang sinarnya merambat kesegala arah layaknya informasi yang akan kami tuangkan di dalam majalah kami. Keren gak??hehehe.

Setelah ngantuk-ngantuk dan ngambek-ngambek karena proses pembuatannya yang melelehkan dan mengharuskan jari-jari kami menulis diatas kertas akhirnya majalah yang jauh dari kata layak ini selesai :D tepat di pukul 5 pagi dalam hitungan mundur dari kakak-kakak Bahana akhirnya selesai deh tugas memberatkan di sepanjang malam.

Setelah itu kami solat subuh dan santai-santai sejenak kamudian pemanasan dulu sebelum CFD yang dipimpin oleh bg Saiful. Pokoknya senang deh, kami juga ikutan senam lagi pas CFD jalan-jalan di sepanjang jalan Diponegro yang dipadati oleh orang-orang yang melakukan aktivitas olahraga, baik bersama keluarga, teman, sahabat, kerabat, pokoknya rame.

Oh iyaaa terima kasih juga nih buat Muthi teman terdekat aku yang ada di malam ulang tahun aku yang ke 19 walaupun kita sama-sama sibuk buat majalah dalam simulasi semalam suntuk tapi komunikasi kita tetap lancar dan makasih udah ngucapin juga. Makasih juga for someone special sekarang, ntah gak tau kenapa mungkin memang iyaa aku suka dia sekarang :D

Terima kasih aku ucapkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang masih memberikan aku kesempatan  hingga kini, terima kasih buat orang tua ku yang telah melahirkan aku dan menyayangi aku hingga sekarang. Gak terhitung banyaknya waktu kita lewati bersama. Terutama buat teman-teman dan sahabat-sahabat dan semua orang yang telah mengukir setiap kepingan dari hidup aku 18 tahun belakangan. Tanpa ada kalian hidup aku mungkin akan terasa hambar dan gak enak untuk dikenang. Begitu banyak hal baru yang aku nikmatin sekarang, kenal sama teman baru, kenal dengan senior-senior baru, dan bentar lagi gak terasa bakal ada semester baru alias bakal semester 3 aamiin. Doain yaa... Jauh di depan sana masih banyak hal-hal baru yang sedang menunggu, IM COMING!!

Yap, gak ada yang spesial di hari ulang tahun sekarang yang ada hanya suasananya saja yang berubah : ) . Tapi kini usia aku sudah bertambah, harus makin dewasa, harus makin bijak dalam mengambiil keputusan, harus lebih rajin. Di umur aku yang ke 19 aku masih merasa belum ada apa-apanya dibanding dengan teman aku lainnya, masih sering main-main, belum bisa mengambil fokus dan terlalu nyantai. Masih sering ngerepotin ortu dan susah buat mandiri. Aku melihat mereka sudah bisa melahirkan karya, mandiri dan prestasi yang segudang, lah aku masih melongo dan belum bisa menunjukkan apa-apa. Tapi Sob, di hati yang paling dalam aku ada niat berubah kok. Sekarang aku gak pengen nyantai-nyantai lagi trus tidur-tiduran di dalam kamar. Sekarang alhamdulillah aku sudah masuk ke dalam organisasi Pers Mahasiswa yang ada di kampus yaitu Gagasan. Walaupun sekarang belum terlalu aktif tapi aku lagi usaha kok, dimulai dari pendekatan dulu nih sama kru-kru Gagasan setelah itu baru deh bisa minta ajarin ini itu dan ngebantuin gimana ngebuat berita yang bagus dan sesuai dengan kode etik pers. Aku pengen, Gagasan  bisa menjadi salah satu batu loncatan aku untuk bisa aktif, berprestasi, dan berkarya.

Alhamdulillah aku nyaman berada di Gagasan, apalagi kakak dan abang-abangnya baik dan perhatian. Sekarang aku juga sudah resmi jadi anggota magang Gagagan setelah ikut diklat, kemeran-kemaren masih amatiran, semoga aku makin rajin cari berita, banyak berkontribusi buat Gagasan , berusaha memajukan Gagasan dan pastinya aku pengen jadi kru tetap dari Gagagasan. Udah kebayang nih bagaimana rasanya mengemban amanat dan aspirasi mahasiswa sekalian mengenakan baju khusus kru gagasan. Waaaaaooooww.... target aku yang sekarang nih. Doain aku ya Sob, mudah-mudahan target aku ini bukan hanya sekedar wish belaka, tapi bakal jadi kenyataan. Aku pengen melahirkan karya, pengen menjadi seorang wanita yang multi-talent mencoba berbagai macam hal dan menguasai berbagai bidang.

Pengen belajar design juga, fotografi, menulis dan sebagainya, masih banyak ilmu di dunia ini yang ngebuat aku penasaran ingin mencoba tapi faktor malas dan lingkunganlah yang ngebuat aku semakin bobrok gak tentu arah.

Semoga di umur aku yang ke-19 aku dapat menjadi pribadi dan sosok yang teladan buat keluargaku, berguna buat orang banyak, bisa lebih mandiri, kuliah lancar dan cepat lulus, gak nyantai-nyantai habisin waktu lagi.Toh hidup cuma sekali, mesti dimanfaatin benar-benar, masa hidup yang sekali ini mau disia-siain buat nyantai-nyantai yang gak tau rimbanya. Sedangkan pengen masuk surga aja harus kita harus nabung amal. Nah, kalau pengen hidup sukses juga harus nabung, nabung apa? Ya nabung uang, nabung pengalaman, nabung skill, nabung relasi atau memperbanyak relasi. Nah itu lengkap dah.

Asiikkk... ternyata diakhir acara Pelatihan Diklat dapat sertifikat dari Bahana, 
makasih ya kepada kakak dan abang-abang Bahana yang
telah berbagi ilmu dasar-dasar Jurnalistiknya :)


OK Sob, mungkin sampai sini dulu yaa aku ceritanya. Sihhiiiiyy umur aku sudah 19 tahun senengnyaa....Wassalam Sobat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar