Selasa, 26 November 2013

Karakter Bangsa Kita Kian Terpuruk :(

Assalamualaikum Sobat,,

Sob, kemaren aku UTS Pancasila di kampus, sedikit pendapat dan pencerahan dari aku mengenai karakter bangsa Indonesia pada saat ini. Manurut aku ini sangat penting untuk aku bagikan bagi sobat-sobat sekalian yang akan membaca blog aku, hihi...

Yap, UTS kemaren aku memilih soal yang pertanyaannya adalah "Bagaimana pendapat anda mengenai karakter bangsa Indonesia pasa saat ini?"

OK aku akan menjawab berdasarkan hasil pemikiran dan analisa aku sendiri. Ayoo dibaca dan disimak ya, kalau misalnya da yang gak setuju dengan pendapat aku juga boleh dikritik kok :P

Sebelumnya kita tahu bahwa karakter itu adalah sifat, tabiat, akhlak. Karena kita membahas mengenai karakter bangsa indonesia maka pengertian karakter disini adalah suatu  tingkah laku yang tercermin berlandaskan pancasila.

Dan bagaimana pendapat aku mengenai karakter bangsa indonesia pada saat ini? menurut aku karakter bangsa Indonesia pada saat ini sedang diambang batas ketidakwajaran dimana KKN terkhusus praktek korupsi, nepotisme dan kasus suap-menyuap merajalela di negara kita tercinta. Yang mirisnya hal ini dilakukan oleh orang-orang tertinggi dari pejabat-pejabat daerah hingga pejabat nasional baik yang berkiprah dibidang politik maupun ekonomi. Kenapa tidak? tak malukah kita kalau negara kita dicap sebagai salah satu negara terkorup didunia? mengapa mereka masih sanggup melakukan hal sehina itu?

Kita tahu bahwa perilaku KKN dan suap-menyuap bukan hanya perilaku bejat, disini mereka lebih mementingkan keinginan dan kepuasan pribadi padahal rakyatnya masih banyak yang percaya dan mendukung mereka dari belakang. Tapi apa yang mereka lakukan?mereka buang kepercayaan rakyat, mereka buat rakyat merasa tak mendapat keadilan dan kesejahteraan yang layak, mereka hambur-hamburkan uang rakyat yang dituju untuk pembangunan masa yang akan datang. Sungguh miris. Semua yang mereka lakukan benar-benar merusak citra bangsa Indonesia bukan hanya dimata Nasional tapi juga dimata Internasional dan bukan termasuk karakter bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila. 

Sementara kita tahu bahwa karakter yang berlandaskan pancasila adalah taat kepada Tuhan YME, berlaku adil, peduli terhadap sosial, berlaku adil, mencerdaskan kehidupan bangsa, gotong royong, musyawarah untuk mufakat, dan tingkah laku-tingkah laku lainnya yang berlandaskan Pancasila. Setelah kita lihat cerminan tingkah laku yang berlandaskan pancasila kita tahu bahwa apa yang dilakukan oleh orang-orang yang melakukan KKN dan suap-menyuap telah merusak nilai-nilai pancasila dari sila-1 hingga sila ke-5,ya gak??

Ini dia contoh orang-orang yang saat ini problemanya sedang mencuat dimuka umum karena tersandunng kasus korupsi dan Nepotisme...

Ratu Atut-n
http://www.poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2013/10/Ratu-Atut-n2-300x250.jpg

Ratu Atut Chosiyah, menjabat sebagai Gubernur Banten. Namanya mencuat setelah adikknya tertanggap basah oleh KPK menyuap MK Akil Mochtar dalam pemilukada. Menurut berbagai sumber Ratu Atut ternyata juga tersandung kasus korupsi di daerah Banten dan terbukti nepotisme karena anggota keluarganya banyak mengisi jabatan-jabatan penting dalam pemerintahan.

Bukan hanya Ratu Atut saja yang terlibat hal serupa, tapi kasus suap-menyuap dan korupsi juga membawa sederet nama-nama orang terpenting seperrti Nazaruddin, Anas Urbaningrum, Andi Malaranggeng, Angelina Sondakh, Akil Mochtar, dll bahkan Budiono Presiden kita sekarang lagi proses pemeriksaan di KPK mengenai kasus bank Century.

Sebenarnya bukan hanya praktek KKN dan suap menyuap yang merusak karakter bangsa sesuai Pancasila tapi banyak hal-hal lainnya, mulai dari tingkah laku masyarakat kita yang ala kebarat-baratan yang tidak sesuai dengan latar budaya bangsa kita sejak nenek moyang dulu.

Mau merubah karakter bangsa kita yang sedang kacau? Intinya berubahan itu bawalah dari diri sendiri, kemudian bawa keluarga, kerabat, sahabat, dan teman-teman untuk lebih sadar dan mencintai negaranya. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk merubah karakter bangsa kita yang sedang karut-marut ini? ini tips ala aku :D

1. Tanamkan dalam hati kita sejak dini nilai-nilai agama. Karena jika kita yakin dan selalu membawa Allah dalam diri kita, insya allah semua yang kita lakukan akan terarah.

2. Tanamkan dalam hati sifat jujur. Karena tidak semua orang sanggup untuk berlaku jujur dalam segala aspek.

3. Berteman dan bersahabatlah dengan orang-orang yang selalu membawa kebenaran, jauhi orang-orang yang mungkin akan membuatmu terjerumus kedalam perangkap berbahaya. Karena gak semua orang suka dengan kebaikan yanng kita lakukan. Bisa saja mereka mencari celah untuk menjatuhkan kita, padahal awalnya kita berniat baik. 

4. Hilangkan nafsu untuk memiliki jabatan sekedar untuk memperkaya diri dan anggota keluarga.

5. Bersikaplah dengan lebih sederhana. Kalau kita  memiliki sifat foya-foya yang akut, tak lain dan tak bukan, kita bakal terjerumus kelimbah Korupsi. 

6. Pedulilah terhadap lingkungan sekitar. Jangan acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitar. Kalau kita melihat ada sesuatu yang tidak beres, bawa dan bicarakan dengan baik.

Ingat! satu orang saja yang merusak maka yang lain juga akan kena imbasnya. Satu kesalahan melibatkan semuanya karena kita ini satu. Jadi,mari bahu-membahu membangun karakter bangsa kita yang kian terpuruk kearah yang lebih maju dan positif. (y) Wassalam ya Sobat... :))











2 komentar:

  1. Makasih deh tips anti korupsinya...
    Salam Kenal ya mbak, Follback juga yah
    www.nomadenedogawa.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... masama, salam kenal jugaa
      okk, sudahh ....

      Hapus