Tuesday 4 October 2016

First Time: JOB TRAINING

Assalamulaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Hello everyone!! How are you?? Semoga Sobat-sobat yang sedang membaca blog aku selalu sehat ya. Aamiin... kurang lebih tiga bulan lamanya aku gak ada update blog :”( maklum semester tua sudah menghampiri, hehe.

Ada beberapa kegiatan yang sebenarnya gak bisa terelakkan hingga vakum nulis, dimulai dari sibuk ujian semester di bulan Ramadhan kemarin, persiapan KKN, menjalani KKN selama dua bulan di Kota Dumai, sampai di Pekanbaru disibukkan dengan pendaftaran magang dan sekarang sedang menjalani aktifitas magang tentunya. 

Belum lagi ada kewajiban khusus yang harus diselesaikan buat anak semester akhir  à SKRIPSI. Doakan semoga lancar yaa... saat ini sedang tahap pra-riset yang dianjurkan PA sebelum ngajuin proposal ke Jurusan...sedang berusaha dan berdoa :)  pengen cepat kelar kuliah, pengen punya kerjaan yang menghasilkan, buat Ibu-Papa dan keluarga bangga. Lancarkan ya Allah...

Hari ini adalah hari pertama aku magang di Kantor Dinas Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Gak jauh dan deket dari rumah. Alhamdulillah banget masih berjodoh sama mereka sahabat-sahabatku satu tempat magang, bersama Anika, Afri dan Nadia.

Kenapa lebih memilih magang disana? Kenapa di kantor pemerintah? apa tujuannya?? ---> itu seputar pertanyaan yang datang dari beberapa orang termasuk orang tua. 

Pengen banget bisa magang di perusahaan bonafit, cuma tempat yang dituju gak bisa nerima anak magang lagi dan sempat memilih magang di agency PR. Tapi semua kandas, haha... mungkin emang di takdirkan di Pekanbaru bersama orang-orang hebat, deket rumah biar hemat biaya. Hehe, Be positive walaupun sempat kecewa.

Sebelumnya aku bersyukur banget karena masih diberi rezeki dengan memiliki teman-teman yang mau bantuin, peduli, semangatin aku pas lagi bingung, terdiam dan down-down­­-nya :”( Makasih ya buat kalian Una, Juntak, sohib bertiga nika, apri, nadia...yang udah bantuin nemenin, nyemangatin,hingga akhirnya dapat tempat magang juga.

Awalnya aku udah fix berencana bakalan magang di sebuah agency PR di Jakarta, jauuhh memang...karena permintaan dari Papa biar aku lebih mandiri dan belajar banyak lagi disana. Namun, kehendak Allah pasti lebih baik, aku gagal ke Jakarta karena agency tempat aku mendaftar sudah penuh dan baru dapat konfirmasi dari dosen di penghujung akhir KKN. Disitulah aku speechless gak tau harus ngapain, malah sedang KKN dan gak bisa ke kampus, magang tinggal sebulan lagi. Cari-cari informasi dan tanya teman, dimana-mana pada pada penuh dan tidak terima anak magang lagi :(

Tapi yasudahlah.... semua kan udah berlalu, itu pas lagi galau-galaunya gak tw mau kemana dan sekarang alhamdulillah semua udah clear. Hihi.

Sekarang di tempat magang, sedihnya kami berempat ditempatkan pada empat posisi/bidang berbeda. Aku ditempatkan pada sub. Bagian Program, Nadia di bidang Kepegawaian,  Anika bagian Bid. 1 dan Afri dibagian Bid. 2. Aku dan Nadia satu ruangan tapi berjauhan,  Anika dan Afri di ruangan yang berbeda juga tapi satu ruangan. Okkeehhh, Cuma pisah gitu aja kok sedih, haha.... mangat mangat.

Engg iii eengg...

Dan tibalah kami diruangan masing-masing ------- Kita tau, lingkungan yang kita imajinasikan  ketika pertama kali magang itu ‘Waaaaahhh....’ banget. Semangat banget. Ya kan?? Sekarang rasain....wkwk...  Ekspektasi sama realita itu beda bangeet. Huhu... disinilah awal kami berada ditengah-tengah dunia pekerjaan.

Memang aku akui  diawal agak-agak kikuk, melongo, gaje, menung-ketawa bongak, ngintip-ngintip Nadia dari jauh, liat-liat pegawai sibuk semua, mau nyapa ntah gimana, gak nyapa ribet gak tau mau ngapain :D ternyata memang susah-susah gampang yaa aplikasiin teori komunikasi yang baik itu... Nah loh, anak komunikasi aja masih kudu banyak belajar... Yeeahh!!

Kita pasti bayangin yang enak-enak tuh kalo ditempat magang, mulai deh ngimpi dapat atasan atau pimpinan yang ramah dan baik banget. Kalo atasan aku dan Afri sih masih di level aman, si Nadia yang agak cuek atasannya...haha. Anika apalagi, dapat senior yang kurang bersahabat gak jelas lisannya. Ini nih, yang kudu disiapin itu MENTAL baja, sabar... kalo mental dan sabar kita kagak ditahan, yakin deh bakal kenak seleksi alam.

Jangan ngimpi di tempat magang kita bakal nyantai goyang-goyang kaki, kita bakal dituntut untuk serba bisa dan harus menyelesaikan tugas yang dikasih. Ada setumpuk  kerjaan yang mesti diselesaikan, buat ini-itu, edit ini- itu, de el el. Naah, bagi kalian yang  magangnya nyantai jangan terlalu bangga juga donk, hehe. Ntar rugi. Kita magang gunanya buat cari ilmu sebanyak-banyaknya, cari pengalaman, keahlian baru dan relasi baru. Jadi syukuri dan manfaatkan semua yang ilmu yang ada. Kalau tidak tau tanyakan pada yang tau ya... tapi kalo menjalaninya dengan nyantai tanpa beban itu baru nice :*

Yang bikin aku seneng banget di kantor  hari ini yaitu....Yeeaayyy!! Aku punya daerah kekuasaan sendiri, hoho. Taraaa..... meja kerja sendiri, ruangan sendiri... :D memang hanya ruangan bersekat antara pegawai satu dengan pegawai lainnya, tapi memiliki daerah kekuasaan sendiri itu rasanya free. Setidaknya punya tempat untuk ngelakuin sesuatu suka-sukak. Wkwk.

Yang bikin ga enak, ruangan aku berada dibawah AC. Bikin kedinginan sampai-sampai bibir kering, tangan-kaki dingin :(

Dan satu kata buat hari ini ‘ LELAH’. Seharian lebih banyak aku menghabiskan waktu di depan komputer, berkutat dengan anggaran keuangan(honor), CP, laporan program-program KLH. Nyalin, edit, ketik, baca :( Tapi menikmati kok... hehe. Ini baru awal, gak boleh malas-malasan.

Gimana kalian hari ini? Tetap semangat ya buat kita semua apapun kegiatannya...yang kebetulan juga lagi samaan magang, semangat juga ya... Wassalam









Yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca


1 comment:

  1. selamat magang Liqood. sukses terus yaa. Gini kek sering-sering update blog biar aku tau juga kabarmu haha ;))

    ReplyDelete